TPNPB Kodap III Ndugama Baku Tembak Lawan TNI Penjaga Jalan Trans Papua, Pratu Kasnun Tewas

Pratu Kasnun tewas ditembak TPNPB Kodap III Ndugama saat dia bersama rekan-rekan sedang mengamankan proyek jalan Trans Papua.@WPNewsOrg

Westpapuanews.Org, KENYAM — Seorang Anggota Tentara Nasional Indonesia bernama Pratu Kasnun tewas tertembak dalam kontak senjata dengan Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) Kodap III Ndugama di distrik Mugi, Kabupaten Nduga, Papua, Senin (13/05/2019) kemarin.

Pratu Kasnun tertembak ketika dia bersama regunya berjumlah 12 orang sedang melakukan patroli mengamankan proyek jalan Trans Papua yang mana proyek tersebut sudah berkali-kali dilarang oleh pihak TPNPB.

Sumber TPNPB menyebutkan, Kasnun ditembak di bagian punggung dan tewas dalam evakuasi menuju RS Charitas di Timika. Kejadian ini dibenarkan Kapendam XVII Cenderawasih, Kolonel Inf Muhammad Aidi, ditulis Kompas.com, Senin kemarin.

“Pada saat proses evakuasi menggunakan pesawat Helly Bell ke Timika, korban dinyatakan gugur pada pukul 13.00 WIT saat dalam perjalanan menuju ke RS Charitas Timika,” kata Kapendam.

Tidak terima rekannya tewas ditembak, TNI mengamuk dan membumi-hanguskan beberapa rumah penduduk dan fasilitas publik lainnya.

“Laporan resmi dari pihak Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat Kodap III Ndugama akan menyusul setelah mengidentifikasi semua bangunan yang dibakar oleh Tentara Nasional Indonesia karena emosi,” jelas sumber resmi TPNPB langsung dari Nduga.□

Facebook Comments