2 Minggu Menggungsi Karena Kejahatan Operasi Militer TNI-POLRI di Kabupaten Puncak Papua

By: Lapuk Walker

Ilaga, 19 Mei 2021

Masyarakat penduduk pribumi berasal dari beberapa kecamatan di Kabupaten Puncak Papua telah melakukan pengungsian selama 2 minggu karena kejahatan terrorist tentara Indonesia dan kriminal polisi Indonesia yang selalu tidak bisa membedakan antara rakyat biasa dan Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB-OPM) dimana TNI-POLRI selalu membunuh anak-anak sekolah, ibu-ibu dan orang yang telah lanjut usia sebagai pelampiasan emosi mereka sebab ketakutan menghadapi pahlawan-pahlawan Papua yang siap membela tanah air dari penjajahan kolonial Indonesia selama ini.

Pengungsi dari Kampung Kabuki Distrik Ilaga Utara, datang melewati hutan belantara, lewat dibawah kaki Gunung Gergaji, dan kaki Gunung Kelabo. Perjalanan penggungsian ini memakan waktu selama 2 minggu dihutan belantara tanpa makanan, dibawah kehujanan dan cuaca yang sangat dinggin sekali. Sehingga kami telah dalam perjanalanan menuju kembali ke Ibu Kota Kab Puncak setelah mengungsi akibat kebrutalan aparat yang ingin menembak siapa saja, bahkan juga telah membakar rumah-rumah kami, kebun-kebun serta ternak peliharaan kami dirampok oleh anggota TNI-POLRI sebagai bekal makanan mereka tetapi syukurlah kami telah sampai di Ibu Kota Ilaga, Kab Puncak, pada tgl 19 Mei 2021.


Dalam perjalanan mereka gabung dengan pengungsi dari Gome Utara, Kampung Toangi, 1 dan Toangi 2.
sementara ini mereka di tampung di Rumah kepala Distrik Gome Utara Herman Mom di jln pinggir, Ilaga Kab Puncak Papua.

Harapan Besar kami dari Mahasiswa/i Asal Kabupaten Puncak Papua, kepada Pemerintah Daerah dalam hal ini Bapak Bupati Kab Puncak Papua (Willem Wandik, S.E., M.Si., dan Jajarannya), agar memperhatikan Masyarakat yang sedang mengungsi dari beberapa Distrik ke Ibu Kota Kab Puncak Papua.

Doa Hati Kecil Tuhan Jaga Orang Tua kami yang berada dalam keadan Trauma karena kebrutalan dan operasi militer yang sangat-sangat membabibuta tanpa rasa perikemanusiaan dan keadilan sehingga orang-orang tua kami harus menyelamatkan diri di Balik Gunung Sana

Save PapuaKu✊🇨🇺
Save Kab Puncak ✊🇨🇺
Save Masyarakat Kab puncak✊🇨🇺
Save Alam Kab Puncak Papua Ku✊🇨🇺

Facebook Comments Box