Westpapuanews.Org

Berita tangan pertama dari Tanah Papua

BeritaIndonesia criminal regimeIndonesia Fascist StateIndonesia terrorist stateOtsus GagalPetisi Rakyat PapuaPolisi Republik IndonesiaRasisme IndonesiaRezim Fasis Joko WidodoSolidaritas Indonesia

Aksi Damai Forum Solidaritas Peduli Rakyat Papua di Makassar

Kronologi Aksi Damai Forum Solidaritas Peduli Rakyat Papua di Makassar
Hari/Tanggal : Jumat, 25 September 2020
Sebelum aksi dimulai pada malam hari pada jam. titik kumpul yaitu asrama Papua sudah didatangi pihak intelkam Porles Makassar mendatangi masa aksi dan meminta aksi ditunda atau ditiadakan.
Masa Aksi Demostrasi damai mulai berkumpul di Asrama Papua Makassar, pada Jam 07: 10 WITA, telah ada beberapa OTK dan juga Intel berpakaian preman di depan asrama Papua dan didepan Rumah Sakit Jiwa Dadi. Jam 08:30 WITA datang juga polisi berseragam lengkap dan beberapa Brimob, setelah semua masa aksi berkumpul aksi dimulai pada Jam 09:30 WITA, masa aksi mulai keluar dari titik aksi, namun sempat dihadang tepat di depan Pagar asrama Papua dengan cara menutup pintu pagar oleh kurang lebih lima Intel berpakainan preman. Sekitar 09.40 WITA korlap memberikan arahan kepada masa aksi untuk tetap melanjutkan menuju ke jalan raya di depan asrama menuju titik aksi yaitu Monumen Mandala saat berjalan sekitar 09.45 WITA terjadi pelemparan batu dari arah belakang dan mengenai salah satu orang masa aksi (M). Sekitar 09.55 mulai dihadang oleh satu orang anggota ORMAS setelah itu banyak ORMAS yang meneriakkan Yel-yel NKRI Harga Mati, setelah itu banyak ORMAS Mulai menyerang dari berbagai sisi hingga masa aksi mundur dan sempat terbagi menjadi dua kelompok, setelah itu Korlap ditarik dan dipukul menggunakan helm dipelipis kanan sobek darah lalu terjadi aksi saling dorong, kami kembali bersatu lalu masih didorong oleh pihak oramas sempat ada pembiaran dari pihak keamanan, hingga terjadi pelecehan terhadap dua masa aksi perempuan. Setelah itu masa aksi masih didorong, dipukuli, dan dilempari helem oleh pihak ORMAS yang ditengahi oleh Polisi dan Brimob hingga masuk ke dalam Asrama Papua Makassar, setelah itu masa aksi melakukan orasi didalam pagar Asrama hingga pembacaan Pernyataan Sikap kurang lebih Jam 10:40 WITA lalu, masa aksi membubarkan diri.
Jumlah Korban dan Barang yang diambil

  1. MP (21 Thn) : Luka bagian pelipis Mata kanan dan bagian siku kiri biru.
  2. BN (19 Thn) : Tangan bengkak, luka di bagian jari manis, dan baju robek. HP Oppo
  3. Yelfin (18 Thn) : Goresan samping kanan wajah
  4. PB (22 Thn ) : Lecet goresan bagian Leher
  5. WK (20 Thn) : Terjadi pelecehan di bagian payudara disentuh dan ditarik (Perempuan)
  6. AG (20 Thn) : Luka di bawah mata kanan dan luka bagian telinga kanan. Barang yang diambil, HP Oppo, Topi BK, Sendal.
  7. DW (20 Thn) : Terjadi pelecehan dibagian payudara
  8. I (22 Thn) : Luka Goresan disamping leher kiri
  9. Mandela (25 tahun) : terkena lemparan batu kaki sebelah kiri dari arah belakang.

Jumlah TNI/PORLI dan ORMAS
Polisi 43 Orang
Brimob 23 Orang
Intel Berpakaian Preman 25 Orang
ORMAS 27 Orang
TNI 4 Orang

Jumlah Kendaraan
Mobil Dalmas Sedan 4 Mobil
Motor Brimob 17 Motor