Westpapuanews.Org

Berita tangan pertama dari Tanah Papua

ArtikelOCEANIAULMWP

Informasi dari Vanuatu : ULMWP UNTUK MSG

Octovianus Mote berbicara mewakili ULMWP sebagai Observer pada Foreign Minister Meeting MSG di Port Vila, Vanuatu, Senin (21/8). @FACEBOOK/MSG Secretariat

Oleh : Gembala Dr. Ambirek G. Socratez Yoman*)

Ada beberapa catatan penting untuk diketahui oleh seluruh rakyat dan bangsa Papua Barat dari Sorong-Merauke atau Samarai :

1. Foreign Ministers Meeting (FMM)

Foreign Ministers Meeting (FMM) artinya pertemuan Para Menteri Luar Negeri Pertemuan Para Menteri Luar Negeri (FMM) telah berlangsung pada 18 Agustus 2023. (Foto-foto di sini)

Yang hadir dalam FMM mewakili rakyat dan bangsa Papua Barat melalui ULMWP sebagai status Observer MSG, nama-nama sebagai berikut: (1) Tuan Octovianus Mote; (2) Tuan Oridek Ap; (3) Miss Paula Makabori.

2. Leader Summit (Pertemuan Para Pemimpin MSG)

Leader Summit (LS) adalah pertemuan para pemimpin MSG setingkat Perdana Menteri akan berlangsung pada 23-24 Agustus 2023.

Yang akan hadir mewakili rakyat dan bangsa Papua Barat dalam Leader Summit ialah Tuan Benny Wenda Ketua ULMWP.

3. Agenda ULMWP ialah untuk keanggotaan penuh MSG sesuai aplikasi ULMWP tahun 2015 dan 2018.4.

Pemerintah Sementara Papua Barat adalah masalah internal ULMWP atau masalah rakyat dan bangsa Papua Barat. Pemerintah Sementara Papua Barat dibentuk berdasarkan konstitusi ULMWP dari tiga fraksi/faksi pendiri ULMWP, yaitu: WPNCL, NRFPB, NPWP.

Tiga fraksi/faksi utama sebagai embrio tiga Partai Politik Besar rakyat dan bangsa Papua Barat ke depan ini mempunyai hak untuk mengevaluasi seluruh dinamika, proses dan progress selama 5 tahun perjalanan ULMWP di Vanuatu.

Yang jelas dan pasti bahwa ULMWP tetap utuh, solid, walaupun ada perbedaan pendapat dan pikiran dalam ULMWP. Perbedaan pendapat, pikiran, ide, gagasan, asumsi adalah dinamika organisasi untuk kemajuan dan pendewasaan ULMWP sebagai rumah resmi rakyat dan bangsa Papua Barat. Puji Tuhan.

Doa-doa, harapan, kerinduan hati, impian, tetesan air mata didengar oleh Tuhan. Itu terbukti dan kita saksikan para pemimpin ULMWP telah hadir dengan bersatu dan solid, yaitu:

1. Tuan Octovianus Mote, Tuan Oridek Ap, Miss Paula Makabori mewakili ULMWP sebagai Observer di MSG telah hadir dalam Pertemuan Para Menteri Luar Negeri MSG pada 18 Agustus 2023.

2. Tuan Benny Wenda Ketua ULMWP mewakili ULMWP sebagai Observer di MSG akan hadir Leader Summit (Pertemuan Para Pemimpin) MSG pada 23-24 Agustus 2023.Jadi, sudah jelas, pasti dan terang, bahwa ULMWP tetap kuat dan solid menuju Full Membership MSG.

Akhirnya, saya sampaikan, mari, kita berdoa untuk para pemimpin ULMWP bahu membahu sedang memikul beban berat, yaitu penderitaan, tetesan darah, cucuran air mata dan tulang belulang umat Tuhan di Tanah Papua Barat.

Para pemimpin ULMWP sedang memikul kayu salib yang berat, yaitu penderitaan, tetesan darah, cucuran air mata dan tulang belulang umat Tuhan di Tanah Papua Barat sedang menuju bukit Kalvari atau Golgota untuk meraih kemenangan dan untuk menghapus air mata dan mengakhiri penderitaan.

PERSATUAN adalah KEKUATAN ABADI. KERENDAHAN HATI adalah KEMENANGAN SEJATI. SALING MENGHORMATI hanya dimiliki oleh orang-orang terhormat, terpandang, terdidik dan beriman.

Doa dan harapan saya, supaya penjelasan ini berguna bagi seluruh rakyat dan bangsa Papua Barat.■

*) Penulis:

1. Presiden Persekutuan Gereja-gereja Baptis West Papua (PGBWP). 2. Anggota: Dewan Gereja Papua (WPCC). 3. Anggota: Konferensi Gereja-gereja Pasifik (PCC). 4. Anggota Baptist World Alliance (BWA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *