Ini Poin Penting Deklarasi Solidaritas Indonesia untuk Penentuan Nasib Sendiri Bangsa Papua

Surya Anta, Jubir FRI West Papua sedang memberikan keterangan pers.@Tabloidjubi.com.
Surya Anta, Jubir FRI West Papua sedang memberikan keterangan pers.@Tabloidjubi.com.

JAKARTA, Westpapuanews.Org — Gerakan Rakyat Indonesia yang terhimpun dalam Partai Pembebasan Rakyat, Pusat Perjuangan Rakyat Indonesia, PEMBEBASAN, Serikat Kebudayaan Masyarakat Indonesia, Lingkar Studi Sosialis, dan Perkumpulan Solidaritas Net mendeklarasikan Front Rakyat Indonesia untuk West Papua atau FRI West Papua, Selasa (29/11) bertempat di Kantor LBH Jl. Diponegoro 74, Jakarta, Indonesia.

FRI West Papua bertujuan menggalang dukungan yang luas di kalangan rakyat Indonesia untuk mendukung Hak Penentuan Nasib Sendiri Bangsa Papua lepas dari penjajahan Indonesia.

Baca : Statement Deklarasi Front Rakyat Indonesia untuk West Papua (FRI-WEST PAPUA

Gerakan Solidaritas ini mencatat 6 alasan dibentuknya FRI West Papua berdasarkan apa yang sedang terjadi di Tanah Papua.

Pertama, Kecurangan dan Penipuan Sejarah Papua yang dimanipulasi oleh Indonesia; Kedua, Diskriminasi Rasial yang dialami oleh Rakyat Papua.

Ketiga, Genosida perlahan yang dijalankan secara sistematis oleh setiap rezim yang berkuasa di Indonesia.

Keempat, Penangkapan, Penyiksaan dan Pemenjaraan yang dilakukan rezim Indonesia terhadap rakyat Papua.

Kelima, Perampokan Kekayaan Alam Papua oleh rezim Indonesia yang menjadi kaki tangan Imperialisme bangsa asing; Keenam, West Papua adalah sebuah bangsa.

Dalam keterangan pers yang digelar setelah deklarasi solidaritas ini, Juru Bicara FRI West Papua, Surya Anta, menekankan perlunya solidaritas untuk Papua disatukan.

“Tidak bisa terus-menerus terpencar-pencar. Apa yg kami lakukan di FRI West Papua adalah mencoba menyatukannya,” ujar Surya.

FRI West Papua adalah Solidaritas Rakyat Indonesia yang secara terbuka mendukung Hak Penentuan Nasib Sendiri Bangsa Papua.

Solidaritas ini berbeda dengan solidaritas lainnya yang hanya terbatas untuk masalah pelanggaran HAM maupun bencana alam.@Admin

Facebook Comments

1.714 tanggapan untuk “Ini Poin Penting Deklarasi Solidaritas Indonesia untuk Penentuan Nasib Sendiri Bangsa Papua