Westpapuanews.Org

Berita tangan pertama dari Tanah Papua

BeritaIPWP

IPWP akan kembali desak Indonesia fasilitasi kunjungan PBB ke West Papua

OXFORD, Westpapuanews.Org — Parlemen Internasional untuk Papua Barat [IPWP] akan menggelar pertemuan di Kantor Parlemen Eropa di Brussel, Belgia, pada Senin, 22 Januari 2024.

Pertemuan itu bertujuan mendesak Indonesia untuk memfasilitasi kunjungan Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia ke Papua Barat.

Pertemuan ini diadakan untuk mendukung komunike baru-baru ini yang dikeluarkan pada KTT Pemimpin Melanesia Spearhead Group [MSG] pada bulan Agustus 2023, yang mendesak Indonesia untuk memfasilitasi kunjungan PBB ke West Papua sebelum KTT Pemimpin berikutnya pada tahun 2024.

Indonesia berjanji untuk memfasilitasi kunjungan PBB ke Papua Barat sebelum KTT Pemimpin berikutnya pada tahun 2024.

Lebih dari 85 negara kini telah menyerukan kunjungan PBB. Hal ini mencakup semua negara anggota Forum Kepulauan Pasifik [PIF], Organisasi Negara-negara Afrika, Karibia, dan Pasifik [OACPS], Komisi Eropa, dan masing-masing negara termasuk Inggris, Spanyol, dan Belanda.

Pada Universal Periodic Review [UPR] Indonesia tahun lalu di Jenewa, delapan negara, termasuk Amerika Serikat, Kanada, dan Australia, menyatakan keprihatinan mendalam atas situasi hak asasi manusia di Papua Barat dan mendesak dilakukannya penyelidikan internasional.

Pertemuan IPWP di Parlemen Eropa dipandu oleh Presiden Catalonia Carles Puigdemont sebagai tuan rumah, kemudian Presiden Sementara ULMWP Benny Wenda akan tampil sebagai pembicara utama. [W]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *