Westpapuanews.Org

Berita tangan pertama dari Tanah Papua

Artikel

Mahatma Gandhi: Saya Tidak Harus Menjadi Orang Kristen Tetapi Saya Melaksanakan Ajaran Dan Perkataan Yesus Untuk Kemerdekaan Bangsa India

Dr. Socratez S.Yoman, MA (Presiden Persekutuan Gereja-gereja Baptis West Papua;
Anggota Dewan Gereja Papua (DGP).

Oleh Gembala Dr. Socratez S.Yoman,MA

Mahatma Gandhi bukan orang Kristen. Gandhi juga mengatakan saya tidak harus menjadi orang Kristen. Mahatma mengatakan bahwa walaupun saya bukan orang Kristen dan tidak percaya Yesus Kristus, saya mau melaksanakan pengajaran dan perkataan Yesus.

Mahatma memegang dan menjadikan pijakannya apa yang Tuhan Yesus ajarkan dan katakan. “Bukan setiap orang yang berkata kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga” (Matius 7:21).

Gandhi mengatakan: “Yesus Kristus dicobai Iblis tiga kali di padang gurun dan Yesus tidak kompromi dengan Iblis dan Yesus menang dan Iblis kalah.”

Sama seperti Yesus tidak kompromi dengan Iblis, maka saya juga tidak akan kompromi dengan kekuasaan Kerajaan Inggris yang menduduki dan menjajah bangsa saya. Saya dengan rakyat India melawan kekuasaan Kerajaan Inggris sampai rakyat India benar-benar merdeka dan bebas di atas tanah leluhur mereka.

Gandhi mengatakan, Kerajaan Inggris mempunyai kekuasaan. Mereka mempunyai pusakan tentara lengkap dengan pesawat tempur, kapal perang, tank-tank dan didukung dengan keuangan.

Mahatma mengatakan. Saya mempunyai perlengkapan perang melebihi dan melampaui apa yang dimiliki Kerajaan Inggris. Saya memiliki kekuatan senjata yang mampu dan sanggup melumpuhkan dan menghancurkan serta membungkan mulut kekuasaan Kerajaan Inggris.

Saya yakin Kerajaan Inggris pasti kalah dalam perang. Saya dengan rakyat India pasti menang. Karena kekuatan senjata yang saya miliki tidak ada pada kekuasaan Kerajaan Inggris. Kerajaan Inggris tidak mampu membeli kekuatan senjata yang saya miliki walapun mereka mempunyai banyak uang.

Gandhi mengatakan: Kekuatan senjata saya dan rakyat India untuk mengalahkan kekuasaan Kerajaan Inggris ialah perjuangan dengan jalan DAMAI. Seperti Yesus mengalahkan kuasa Iblis dan kuasa dosa dengan jalan DAMAI. Karena itu, saya tidak menjadi orang Kristen, tetapi saya melaksanakan ajaran dan perkataan Yesus.

“Berbahagialah orang yang membawa damai, karena mereka akan disebut anak-anak Allah” (Matius 5:9).

Mahadma Gandhi percaya bahwa perjuangan dengan jalan DAMAI tidak mengorbankan rakyat India dan juga tidak mengorbankan serdadu-serdadu Inggris.

Pada 30 Mei 2020 saya mengajukan pertanyaan. Pertanyaan Untuk Seluruh Rakyat Papua.

Siapa yang mendapat keuntungan besar ketika para pejuang West Papua Merdeka berjuang dengan jalan menggunakan kekerasan senjata/perang?

  1. Rakyat dan bangsa West Papua.
  2. Pemerintah Indonesia TNI-Polri

Penulis mendapat beberapa jawaban pertanyaan saya. Terima kasih saya telah mendapat jawaban dari beberapa orang.

Jawaban mereka sebagai berikut:

“Jawabannya Nomor 2. Pemerintah Indonesia TNI-POLRI mendapat keuntungan besar. Kalau jalan kekerasan digunakan.”

“Nomor 2. Akan terjadi penambahan pasukan TNI-Polri di Papua. Mereka dapat banyak keuntungan. Kebanyakan rakyat menjadi korban. Dunia internasional tidak akan mendukung perjuangan dengan kekerasan.”

“Nomor 2. Kekerasan itu milik Indonesia. TNI-Polri senang kekerasan di Papua. Kekerasan Timor Leste dan Aceh sudah berhenti. Papua daerah kekerasan militer.”

“Nomor 2, karena kekerasan rakyat banyak mati. Internasional tidak dukung kita. Internasional sangat kekerasan. ULMWP sudah berjuang dengan jalan damai.”

“Nomor 2 karena Dewan Gereja Dunia sudah dukung ULMWP karena berjuang jalan damai. Pasti gereja tidak senang dan tolak kekerasan.”

“Nomor 2, saya pikir dulu waktu John Rumbiak sudah ketemu Jenderal Kelly Kwalik, Jenderal Yustinus Murip, Jenderal Goliat Tabuni dan juga Jenderal Yoweni untuk berjuang dengan jalan damai. Saya pikir Pak Yoman tahu proses itu. Kita tiap hari hari diskusi di kantor ELSHAM Padang Bulan. Kita perlu cek pernyataan itu.”

Penulis juga ajukan pertanyaan kepada para pejuang keadilan, perdamaian, martabat manusia dan penentuan nasib sendiri rakyat dan bangsa West Papua.

Apakah Anda mengambil teladan atau contoh perjuangan Mahatma Gandhi? Jalan mana yang tepat supaya tidak korbankan rakyat dan korbankan pihak musuh seperti yang ditempuh Mahatma Gandhi?

Mahadma Gandhi juga menerapkan pesan Yesus. Mencari jalan yang tepat dengan menebarkan jalan di tempat yang tepat untuk membebaskan bangsanya dari kolonial Kerajaan Inggris.

“Tebarkanlah jalamu di sebelah kanan perahu, maka akan kamu memperoleh”
(Yohanes 21: 6).

Apa artinya dari pesan Firman Tuhan ini? Tuhan Yesus sampaikan mengubah pola dan strategi perjuangan Papua Barat merdeka sesuai dengan perubahan dan perkembangan era. Sekarang era moderen, era digital, era teknologi, era medsos.

Karena itu, tebarkanlah jala ke arah yang baru, strategi yang baru dengan inovasi yang baru, kreativitas yang baru, dan harus tinggalkan gaya dan pola primitif, kuno dan usang.

Mahatma Gandhi telah mengajarkan kepada para pejuang Papua Barat. “Saya tidak harus menjadi orang Kristen tetapi saya melaksanakan ajaran dan perkataan Yesus, yaitu berjuang dengan jalan DAMAI, DAMAI, DAMAI sampai India merdeka bukan kekerasan.

Sesungguhnya cukup banyak senjata ampuh yang dimiliki para pejuang, sebut saja seperti: RASISME, pelanggaran berat ham, sejarah pepera 1969 yg tidak demokratis, perampasan tanah, kegagalan otsus, marjinalisasi (peminggiran) penduduk asli Papua, perampasan hak politik dalam legislatif dan tahanan politik, tahanan rasisme dan masih banyak. Semuanya dapat diperjuangkan dengan jalan DAMAI. Anda pasti menang dan kalahkan musuh.

Lahirnya Kesadaran Mohandas Mahatma Gandhi

John McCain bersama Mark Salter dalam buku berjudul: “Karakter-Karakter yang Menggugah Dunia” dengan sangat indah mengabadikan pengalaman Moh.Gandhi, bapak dari rakyat & bangsa India.

Gandhi berpendidikan hukum di London dan berprofesi menjadi penasihat hukum. Kembali ke India dari London, Inggris dan dari India Gandhi ke Durban Afrika Selatan menjadi Penasihat hukum/Pengacara.

Penguasa Apartheid menamakan orang-orang India di Afrika Selatan dengan sebut “coolie” atau “Sami” artinya pelayan atau pesuruh.

Untuk pertama kalinya, Gandhi menjadi penasihat hukum/pembela Abdullah Seth.  Dalam ruang persidangan Gandhi diminta lepaskan turban/tutup kepala Indianya. Ia marah dan tinggalkan ruang sidang. Ia mau melepaskannya tapi Abdullah nasihati dia jangan melepaskannya. Kalau dilepaskan berarti ia akan mengecilkan hati orang India di Afrika Selatan.

Gandhi berbicara di koran Durban dan mengatakan bahwa ia tidak akan melepaskan hak untuk berbusana sesuai kebiasaan di negerinya dan bangsanya menggunakan turban.

Masalah ini dibahas banyak koran di Durban dan seluruh Afrika Selatan. Penguasa Apartheid menghina Gandhi dengan julukan: ” Tamu yang tidak diharapkan dan Penasihat kelas coolie.”

Beberapa hari kemudian Abdullah Seth mengirim Gandhi ke Pretoria dengan tiket kereta api kelas utama. Seorang penumpang kulit putih yang memasuki gerbong kelas utama merasa gusar dan marah menemukan seorang coolie berbusana Inggris duduk nyaman bersama orang Eropa. Orang kulit putih ini mengajukan protes kepada kondektur, dan Gandhi segera dipindahkan ke gerbong kelas tiga. Gandhi menolak. Ia diusir dan barang-barangnya disita dan ditinggalkan kedinginan yang luar biasa di malam musim dingin di ruang tunggu stasiun kerepa api.

Besoknya ia naik kereta yang lain dengan lancar. Tapi dalam perjalanannya ia dihina lebih parah. Gandhi disuruh pindah ke gerbong sebelah pengemudi. Ia menurut dan tidak mau diturunkan lagi.

Kondektur marah besar dan memukul dan mencederai dengan serius jika penumpang lain tak melerai dan boleh duduk bersama mereka.

“Gandhi mengalami penghinaan… selama tinggal di Afrika Selatan. Dalam beberapa minggu saja, ia menemukan bahwa orang Eropa abad ke-19 menganut hierarki ras, bahwa mereka ada di atas dan orang kulit berwarna di bawah.

Perjalanan ke Pretoria melahirkan perubahan besar dalam dirinya. Lenyap sudah rasa malu. Lenyap sudah rasa tak peduli. Lenyap sudah kenaifan tentang cara kerja dunia. Lenyap sudah ambisi pribadi sederhana untuk hidup pantas bagi keluarganya dan profesi terhormat. Lenyap sudah kebanggaan akan keangkuhan sendiri, digantikan martabat dan kukuh dan penghormatan akan martabat setiap manusia, teman maupun musuh, tak lebih besar atau kecil daripada penghormatan pada martabatnya sendiri. Inilah yang sungguh-sungguh menjadikannya sebagai Mahatma. Kelak ia memandang penghinaan itu dengan rasa syukur, karena semua merupakan petunjuk baginya. Ia menganggap itu sebagai titik balik kehidupannya. Jadi, Tuhan meletakkan batu landasan hidup saya di Afrika Selatan, tulisnya.” (2002: hal 16,17).

Doa dan harapan penulis, artikel pendek ini berguna untuk para pembaca.

Ita Wakhu Purom, Minggu, 31 Mei 2020

Penulis:

  1. Presiden Persekutuan Gereja-gereja Baptis West Papua;
  2. Anggota Dewan Gereja Papua (DGP).

Kontak: 08124888458

26 komentar pada “Mahatma Gandhi: Saya Tidak Harus Menjadi Orang Kristen Tetapi Saya Melaksanakan Ajaran Dan Perkataan Yesus Untuk Kemerdekaan Bangsa India

  • I was wondering iif yoou eveer thought of changing the page layout of your blog?
    Its very well written; I love what youve got to say. But maybe you could a little more in the way of content so people could connect with it better.
    Youve got an awful lot of text for only having 1 or 2 images.
    Maybe you could space it out better?
    комбинации техасский холдем играть онлайн бесплатно
    texas holdem play online for free free poker

    Balas
  • Wow! At last I got a webpage from where I be capable of
    truly obtain valuable data concerning my study and knowledge.

    Balas
  • Hi colleagues, pleasant post and fastidious urging commented
    here, I am truly enjoying by these.

    Balas
  • Wow, marvelous weblog layout! How lengthy have you ever been running a blog for?
    you make running a blog glance easy. The full glance of your
    website is magnificent, let alone the content!

    Balas
  • Hello my family member! I wish to say that this article is awesome, great written and come with approximately all vital
    infos. I would like to look more posts like this .

    Balas
  • For instance, you do not are afflicted by low blood pressure as well as your
    heart rate will just be normal. When you go to a spa, the decisions how you will spend your
    time in many cases are left to you personally however, you
    will be wise to make a choice of these packages
    that incorporate numerous services from facials to mineral baths.
    Again, this process isn’t for everyone but in case you prefer to wash your personal sheets, this is one way you can keep them in great shape for a time.

    Balas
  • Link exchange is nothing else except it is only placing the other person’s web site link
    on your page at suitable place and other person will
    also do similar in favor of you.

    Balas
  • If some one needs to be updated with most recent technologies then he must be visit this website and be up to date all the time.

    Balas
  • Hi there just wanted to give you a quick heads up.
    The text in your content seem to be running off the screen in Firefox.
    I’m not sure if this is a formatting issue or something to
    do with internet browser compatibility but I thought I’d post
    to let you know. The design and style look great though!
    Hope you get the problem solved soon. Thanks

    Balas
  • Hi! Do you use Twitter? I’d like to follow you if that
    would be okay. I’m definitely enjoying your blog and look
    forward to new posts.

    Balas
  • Hello to every one, because I am truly eager of reading this web site’s post to be updated regularly.
    It contains pleasant stuff.

    Balas
  • hello there and thank you for your info – I have certainly picked up
    anything new from right here. I did however expertise
    several technical points using this site,
    since I experienced to reload the website many times previous to I
    could get it to load properly. I had been wondering if your web host
    is OK? Not that I am complaining, but slow loading instances times will very frequently
    affect your placement in google and could damage your
    quality score if ads and marketing with Adwords. Anyway I’m adding this RSS to my email and could look out for
    a lot more of your respective fascinating content.
    Ensure that you update this again soon.

    Balas
  • Hello, this weekend is fastidious in support of me,
    for the reason that this time i am reading this enormous informative piece of writing here at my house.

    Balas
  • Pretty part of content. I simply stumbled upon your weblog
    and in accession capital to say that I acquire actually enjoyed account your weblog posts.
    Anyway I’ll be subscribing to your augment or even I success you
    get entry to constantly quickly.

    Balas
  • Does your website have a contact page? I’m having trouble locating it but, I’d like to send you an e-mail.
    I’ve got some suggestions for your blog you might be interested in hearing.
    Either way, great website and I look forward to seeing it grow
    over time.

    Balas
  • I will immediately grasp your rss as I can’t in finding your
    email subscription link or e-newsletter service. Do you’ve any?

    Kindly allow me recognise in order that I may just subscribe.
    Thanks.

    Balas
  • It’s appropriate time to make some plans for the future and it’s
    time to be happy. I have read this post and if I could I wish to suggest you some interesting things or tips.
    Maybe you can write next articles referring
    to this article. I wish to read even more things about
    it!

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *