Memalukan Anggota Kriminal Bersenjata TNI/ POLRI Telah Menangkap Paksa Warga Sipil di Yahukimo

TENTARA PEMBEBASAN NASIONAL PAPUA BARAT TPNPB-OPM KOMANDO DAERAH PERTAHANAN XVI YAHUKIMO

Laporan Langsung dari Papua Intelegensi Service (PIS) Dari Yahokimo melaporkan

Hari ini Tanggal 29 Agustus 2021

Anggota setan TNI/ POLRI Yahukimo telah lakukan Operasi Militer secara besar-besaran dan telah melakukan penangkapan warga sipil biasa tanpa alasan yang tidak jelas.

Pasukan khusus Nemangkawi yang tergabung dalam Pasukan Denjaka tersebut telah menangkap Warga Sipil Yang tinggal di Distrik Perbatasan Antara Yahokimo dan Kabupaten Nduga.


Distrik tersebut Berdomisih Masyarakat Nduga maka Operasi Militer tersebut Kepala Distrik Baye Jadi sasaran Penangkapan .

Bapak Kepala Distrik Itius Baye

Bapak Kepala Distrik dan Warganya di Tangkap Tanggal 28 Agustus 2021. Dengan 7 orang dan kelanjutan Operasi Militer tersebut hari ini 3 orang Warga Sipil dari Distrik Wusama juga dapat tangkap.

Nama nama yang di Tangkap Aparat Tanggal 28 dan 29 Agustus 2021 adalah sebagai berikut :

1.Etius Baye
2.Nas Baye
3.Jem Baye

  1. Ikut Baye
  2. Selkinus Baye
  3. Marten Murib
    7.Yemunus Murib
  4. Komol Murib
  5. Yerinus Asso
  6. Eviner Asso
  7. Edison Asso

Sepulu Warga Sipil asal Distrik Wusama rasia dan di duga anggota Tentara Pembebasan Nasioanal Papua Barat (TNP.PB) Komando Daerah Pertahanan XVI Yahukimo dan telah melakukan penangkapan terhadap Kepala Distrik Wusama

KORNOLOGIS Penangkapan 11 orang Warga Distri Wusama Kabupaten Yahokimo Karena.

Aparat Kabungan TNI/POLRI Kabupaten Yahukimo mencurigakan Bahwa Distrik yang mendiami wilayah perbatasan Masyarakat suku Ndugama tersebut Anggota TPNPB-OPM yang dari Ndugama pimpinan Tadeus Gwijangge.

Ternyata itu Kesalahan Teknis dan membuat Warga sipil menjadi Sasaran.

Kepala Distrik Wusama dan Anak-anak dirumah yang dapat tangkap itu malam sekitar Pukul 18:00 WPB di Kediaman Kepala Distrik Wusama di kali biru Ibu kota Kabupaten Yahukimo
Sampai sekarang masih ada tahanan di Polres kabupaten Yahukimo.

Sementara itu berpisa Lokasih Brigadir Jendral ELKIUS KOBAK Panglima Kodap XVI Yahukimo menyatakan bahwa mereka adalah bukan anggota TPNPB-OPM melainkan Masyarakat sipil biasa sehingga Aparat Kepolisian Daerah Yahokimo khususnya Bapak Kapolres Segera Bebaskan Mereka.

Kata Brigadir Jendral Elkius Kobak saya dan pasukan adalah pelaku serangkaian penyerangan di Yahukimo maka tidak boleh menanggap masyrakat sipil sembarang.

Kami berada di ibu kota Kabupaten Yahukimo karena itu berhadapan dengan kami tutur Elkius Kobak.

Menurut Panglima Kodap 16 Yahokimo bahwa Penangkapan Kepala Distrik dan Warga Wusama bukan Penjelesaian Komplik Bersenjata di Papua Kami angkat senjata ini masalah indeologi oleh karena itu segera bebaskan mereka. Jika mau perang datang ke markas kami sebab kami telah menentukan lokasi perang tetapi hanya berani menangkap masyarakat sipil sebab kami TPNPB-OPM tetap berjuang dan eksis sampai Papua Merdeka.

Demikian laporan
Panglima kodap 16 Yahokimo
Brigadir Jenderal Elkius Kobak

Team Editor: Awak Media The TPNPB OPM News

Foto istimewa Doc PIS TPNPB-OPM Kodap 16 Yahokimo.

Facebook Comments Box