Militan Papua Internasional Nyatakan Solidaritas Untuk Rakyat Sudan di London

Aktivis Militan Papua Internasional Serogo Tabuni dalam aksi solidaritas untuk rakyat Sudan.@WPNewsOrg

Westpapuanews.Org, LONDON/United Kingdom — Aktivis Militan Papua Serogo Tabuni yang juga anggota Marxist Student Federation di Universitas Oxford, Inggris, mengambil bagian dalam aksi Revolutionary Communist Group (RCG) mendukung perjuangan rakyat Sudan menuntut pemulihan negeri mereka dari kontrol junta militer.
Aksi solidaritas ini digelar Sabtu (27/07/2019) kemarin di Downing Street Westminster, London, melibatkan kelompok solidaritas Cuba dan berbagai kelompok berhaluan Marxist di Inggris.

Aktivis Militan Papua Serogo Tabuni kepada Westpapuanews.Org mengatakan, solidaritas untuk rakyat Sudan bertujuan untuk menuntut pemulihan negara mereka dari kekuasaan junta militer saat ini.

“Rakyat Sudan sudah berhasil menggulingkan diktator Omar al-Bashir yang berkuasa selama 30 tahun mirip Soeharto di Indonesia, tetapi junta militer mengambil-alih kekuasaan dan melakukan kampanye teror terhadap rakyat Sudan,” kata Serogo.

Lebih lanjut Serogo menjelaskan, “Junta militer di Sudan membentuk milisi yang ditugaskan untuk memperkosa para perempuan dengan maksud mematahkan semangat dan gerakan perlawanan rakyat karena selama ini, sesuai tradisi Sudan, kaum perempuan-lah yang selalu jadi menjadi motor penggerak perlawanan rakyat.”

Kelompok komunitas Sudan yang mengetahui asal Serogo Tabuni sebagai sesama kulit hitam dari West Papua menyatakan terima kasih mereka dan berjanji akan mendukung Militan Papua dengan terlibat dalam aksi-aksi mendukung perjuangan rakyat Papua di Inggris.

Salah satu aktivis Sudan di sela-sela aksi menyatakan, Aksi Solidaritas Militan Papua terhadap rakyat Sudan merupakan yang pertama dilakukan rakyat Papua terhadap saudara-nya di benua Afrika.□

Facebook Comments