Westpapuanews.Org

Berita tangan pertama dari Tanah Papua

BeritaKOMNAS-TPNPBPerang Gerilya TPNPB

TPNPB-OPM Kodap XVI Yahukimo eksekusi mati seorang anggota TNI

Anggota TNI Kodim 1715/Yahukimo Pratu Eka Johan Kaize yang dieksekusi mati oleh Gerilyawan TPNPB Kodap XVI Yahukimo Batalyon Yamue pimpinan Kopi Tua Heluka.@WPNewsOrg

DEKAI, Westpapuanews.Org — Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat – Organisasi Papua Merdeka/TPNPB-OPM Kodap XVI Yahukimo berhasil mengeksekusi mati seorang anggota TNI Kodim 1715/Yahukimo, Jumat (04/11/2022) sekitar pukul 02.00 dinihari waktu setempat di Kilo Meter 2, Dekai, Yahukimo, Provinsi Papua Pegunungan Tengah.

Anggota TNI yang malang itu, Pratu Eka Johan Kaize tewas bersimbah darah dengan beberapa luka tusukan, dieksekusi oleh pasukan TPNPB Kodap XVI Yahukimo Batalyon Yamue pimpinan Kopi Tua Heluka.

Juru Bicara Militer TPNPB Sebby Sambom kepada Westpapuanews.Org mengatakan pihaknya bertanggungjawab atas eksekusi tersebut.

Mengutip laporan Kopi Tua Heluka dan pasukannya dari lapangan, Sebby mengatakan, pelaku pembunuhan terhadap anggota TNI ini dilakukan oleh TPNPB-OPM, bukan oleh OTK, kelompok kriminal atau kelompok mana.

“Pembunuhan  terhadap anggota Kodim 1715, itu kami tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) Kodap XVI Yahukimo yang melakukan,  bukan OTK  atau kriminal,” kata Sebby mengutip Kopi Tua Heluka.

Sebagaimana disebutkan Sebby, Kopi Tua Heluka menegaskan dia dan pasukannya tidak akan kompromi dan akan akan baku tembak jika bertemu pasukan TNI-POLRI.

“Saya Kopi Tua Heluka dan pasukan saya dimanapun ketemu TNI-POLRI, disitu kita akan baku tembak. Kami tidak akan kompromi terhadap TNI-Polri kolonial Indonesia. Pembunuhan satu anggot Kodim, itu saya dan pasukan saya yang lakukan,” jelas Kopi Tua Heluka.

Sementara itu PanglimaTPNPB-OPM  Kodap XVI Yahukimo Brigjen  Elkius Kobak membenarkan pembunuhan terhadap anggota TNI dari Kodim 1715/Yahukimo itu dilakukan oleh Batalyon Yamue pimpinan Kopi Tua Heluka dan pihaknya dibawah Panglima Tinggi TPNPB Jenderal Goliath Tabuni bertanggungjawab.

“Benar bahwa pembunuhan terhadap anggota Kodim 1715 itu benar dilakukan oleh pasukan Kopi Tua Heluka. Saya Elkius Kobak bersama  pasukan di bawah pimpinan Jenderal Goliath Tabuni bertangungjawab,” demikian Elkius Kobak.■

Berikut foto-foto Anggota TNI Pratu Eka Johan Kaize yang diperoleh Westpapuanews.Org :


One thought on “TPNPB-OPM Kodap XVI Yahukimo eksekusi mati seorang anggota TNI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *