TPNPB Tembak Mati Satu Anggota Brimob Penjaga PT Freeport

Westpapuanews.org, TEMBAGAPURA — Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) melaporkan telah menembak mati seorang Anggota Brimob bernama Bharada Doni Priyanto, anggota pasukan Organik Yon A Resimen III Paspor Korbrimob Polri yang bertugas menjaga PT Freeport di Tembagapura. Doni Priyanto dilaporkan tewas dalam kontak tembak dengan TPNPB, Sabtu (29/02/20) kemarin.

Kronologisnya bermula ketika Jumat (28/02/20) sore pukul 15.52 WIT terjadi kontak tembak antara pasukan Brimob Tim Belukar Charli 2 yang dipimpin oleh Ipda Dani Eko Setyawan di area Jipabera Distrik Tembagapura dengan Gerilyawan TPNPB pimpinan John Beanal, Yumando Waker dan Ombakambo Magai.

Dalam kontak tembak itu Bharada Doni Priyanto mengalami luka tembak di dada dan meninggal dunia pada Sabtu (29/02/20) pukul 03.40 setelah melewati kondisi kritis selama hampir 13 jam.

TPNPB adalah sayap militer Organisasi Papua Merdeka atau OPM. OPM merupakan organisasi tertua dan induk dari semua organisasi gerakan perlawanan yang ada di tanah Papua.

Namun banyak kelompok meninggalkan, bahkan menyangkal OPM, mengikuti propaganda dan konspirasi modal asing yang menuduh gerakan bersenjata Papua Merdeka yang dipimpin OPM sebagai gerakan teroris yang akan menjadi musuh dunia Barat.

Untuk menampik semua tudingan menyesatkan terhadap OPM dan sayap militernya, OPM berhasil membenahi struktur sipil dan militernya dan mulai efektif melancarkan perang pembebasan dan diplomasi politik dalam 6 tahun terakhir.□

Facebook Comments