Aktivis Militan Papua Internasional Terlibat Aksi Youth Strike for Climate

Aktivis Militan Papua Internasional Serogo Tabuni mengambil bagian di aksi Youth Strike for Climate di Oxford, Inggris.@WPNewsOrg

Westpapuanews.Org, OXFORD/United Kingdom — Aktivis Militan Papua Serogo Tabuni mengatakan, pihaknya terlibat mendukung aksi Youth Strike for Climate di Oxford, Inggris pada Jumat (19/07/2019) kemarin.

“Aksi kita untuk iklim hari ini untuk masa depan anak-anak kita dan masa depan anak-anak mereka dan untuk setiap generasi yang akan datang,” ujarnya ketika dihubungi Westpapuanews.Org.

Serogo mengatakan, kapitalisme, tidak hanya menjadi penyebab utama, tetapi juga mempercepat terjadinya perubahan iklim.

Menurut dia, perubahan iklim berakibat pada rusaknya ekosistem serta munculnya berbagai bencana alam, misalnya banjir bandang di Sentani, Papua, belum lama ini.

“Selama kapitalisme masih menjadi corak produksi utama dunia dan model ekonomi itu tidak diubah ke ekonomi sosialis, maka masalah-masalah perubahan iklim seperti misalnya bencana banjir dan naiknya permukaan air laut,  akan selalu ada dan semakin memburuk,” ujar Serogo.

Aktivis yang saat ini menjadi anggota aktif dari Marxist Student Federation di Universitas Oxford ini mengatakan, gerakan Papua bisa memulai praktek sosialisme untuk secara bertahap meninggalkan corak produksi kapitalisme yang terbukti telah menjadi instrumen perusak.

“Kita bisa memulainya sekarang, demi keselamatan anak cucu, tanah Papua dan planet bumi yang kita cintai bersama,” tutup Serogo.□

Facebook Comments