AMP dan FRI – West Papua Akan Peringati 49 Tahun Proklamasi Kemerdekaan Papua Barat di Malang

AMP dan FRI-West Papua akan memperingati HUT Proklamasi Kemerdekaan Papua Barat ke-49 di Malang, Jawa Timur, Indonesia.@WPNewsOrg.

Westpapuanews.Org, MALANG — Aliansi Mahasiswa Papua (AMP) Komite Kota Malang dan Front Rakyat Indonesia Untuk West Papua (FRI-West Papua) Kota Malang akan melakukan aksi demonstrasi memperingati HUT Proklamasi Kemerdekaan Papua Barat ke-49 pada 1 Juli 2020 di Malang, Jawa Timur.

Sesuai rilis yang diterima Westpapuanews.Org, AMP dan FRI West Papua mencatat, wilayah Papua dimasukan secara paksa ke dalam bingkai NKRI lewat 7 operasi militer untuk menumpas berbagai gejolak perlawanan oleh rakyat Papua yang tidak menghendaki kehadiran Indonesia di Papua.

Di bawah bayang-bayang teror dan operasi militer yang dilakukan oleh mititer Indonesia di Papua, pada tanggal 1 Juli 1971 bertempat di Desa Waris, Numbay – Papua, dekat perbatasan PNG dikumandangkan “Proklamasi Kemerdekaan Papua Barat” oleh Brigjend Zeth Jafet Rumkorem.

“Namun demikian, proklamasi tidak dapat melepaskan Papua dari cengkraman kekejaman dan kebrutalan kekuatan militer Indonesia yang sudah menguasai seluruh wilayah Papua,” demikian ditulis dalam rilis.

AMP dan FRI West Papua memandang, berbagai operasi militer terus dilancarkan oleh Indonesia untuk menumpas gerakan pro kemerdekaan rakyat Papua. Pembungkaman terhadap ruang demokrasi semakin nyata dilakukan oleh aparat negara (TNI-Polri) dengan melarang adanya kebebasan berekspresi bagi rakyat Papua di depan umum serta penangkapan disertai penganiayaan terhadap aktivis-aktivis pro kemerdekaan Papua.

“Maka, bertepatan dengan 49 Tahun Proklamasi Kemerdekaan Bangsa Papua, AMP dan Front FRI-West Papua mengajak seluruh kawan-kawan Mahasiswa Papua maupun Indonesia pro demokrasi yang berada di seluruh penjuru Bumi Arema untuk turut serta dalam aksi demonstrasi yang akan dilaksanakan pada Rabu, 1 Juli 2020, pukul 10.30 WIB bertempat di Jl Raya Malang- Gempol (perempat bank BCA pusat kota malang),” demikian bunyi Seruan Aksi.

Peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan Papua Barat yang ke-49 juga diperingati oleh Organisasi Papua Merdeka (OPM) sebagai wadah induk yang melahirkan proklamasi tersebut.

Ketua Organisasi Papua Merdeka (OPM) Jeffrey Bomanak mengajak rakyat Papua mengikuti Teleconferens detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Bangsa Papua 1 Juli 1971 yang akan digelar secara online malam ini, Selasa (30/06/2020) pukul 23.30 WIT. Pada teleconferens ini Ketua OPM Jeffrey Bomanak akan membacakan Pidato Politik menjelang HUT Kemerdekaan Papua Barat ke-49 yang akan jatuh pada 1 Juli 2020 besok.

“Kepada seluruh rakyat bangsa Papua dan kepada seluruh pendukung perjuangan bangsa Papua di seluruh dunia untuk saksikan bersama siaran langsung Pidato Politik Ketua OPM-TPNPB menjelang HUT Proklamasi Kemerdekaan Bangsa Papua yang ke-49, 1 Juli 1971 – 1 Juli 2020,” kata Jeffrey Bomanak dalam rilis yang diterima Westpapuanews.Org per Selasa (30/06/2020) siang.□

Facebook Comments