OPM Undang Rakyat Papua Ikuti Teleconferens Detik-detik Proklamasi 1 Juli 1971

Ketua OPM Jeffrey Bomanak.@WPNewsOrg

Westpapuanews.Org, MARKAS VICTORIA — Ketua Organisasi Papua Merdeka (OPM) Jeffrey Bomanak mengundang rakyat Papua mengikuti Teleconferens detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Bangsa Papua 1 Juli 1971 yang akan digelar secara online malam ini, Selasa (30/06/2020) pukul 23.30 WIT. Pada teleconferens ini Ketua OPM Jeffrey Bomanak akan membacakan Pidato Politik menjelang HUT Kemerdekaan Papua Barat ke-49 yang akan jatuh pada 1 Juli 2020 besok.

“Kepada seluruh rakyat bangsa Papua dan kepada seluruh pendukung perjuangan bangsa Papua di seluruh dunia untuk saksikan bersama siaran langsung Pidato Politik Ketua OPM-TPNPB menjelang HUT Proklamasi Kemerdekaan Bangsa Papua yang ke-49, 1 Juli 1971 – 1 Juli 2020,” kata Jeffrey Bomanak dalam rilis yang diterima Westpapuanews.Org per Selasa (30/06/2020) siang.

Informasi yang diterima media ini, Lewis Prai yang bertindak sebagai moderator teleconferens telah menyediakan tautan https://streamyard.com/sxsemaptpm bagi para partisipan untuk bergabung di studio dan mengikuti teleconferens. Teleconferens ini akan ditampilkan secara Live di laman FacebookGlobal Campaign for United Nations Peacekeeping Mission to West Papua‘.

Sekilas Proklamasi 1 Juli 1971

Sebagai protes terhadap penipuan dan rekayasa Penentuan Pendapat Rakyat (PEPERA) pada Juli – Agustus 1969 dimana 1025 orang direkayasa untuk secara aklamasi menyakatan memilih Indonesia, Brigjen Seth J Rumkorem (Presiden) dan Jacob H Prai (Ketua Senat) memproklamasikan kemerdekaan Republik Papua Barat pada tanggal 1 Julin1971 di Markas Besar Victoria.

Proklamasi ini juga dicetuskan sebagai langkah awal sebelum Indonesia melaksanakan Pemilu untuk menguji kesetiaan rakyat Papua pada tahun 1972.

Pada momen bersejarah tersebut, Seth J Rumkorem didampingi oleh Jakob Prai  sebagai Ketua Senat (Dewan Perwakilan Rakyat), Dorinus Maury sebagai Menteri Kesehatan, Philemon Tablamilena Jarisetou Jufuway sebagai Kepala Staf Tentara Pembebasan Nasional (TEPENAL ), dan Louis Wajoi sebagai Komandan (Panglima) TEPENAL Republik Papua Barat.

Teks asli Proklamasi 1 Juli 1971.@WPNewsOrg

Berikut Isi Teks Proklamasi 1 Juli 1971 :

PROKLAMASI

Kepada rakyat Papua sekalian, dari Numbai sampai dengan Merauke, dari Sorong sampai dengan Balim (Pegunungan Bintang-Bintang) dan dari Biak sampai dengan Pulau Adi.

Dengan berkat dan pertolongan Tuhan, kami mendapat kesempatan ini maklumkan pada kamu sekalian , berdasarkan keinginan luhur bangsa Papua, bahwa bangsa dan tanah Papua hari ini, 1 Juli 1971, menjadi satu bangsa dan tanah yang merdeka dan berdaulat penuh (de facto dan de jure).

Semoga Tuhan beserta kita, dan dengan ini dunia menjadi maklum, bahwa keinginan luhur bangsa Papua untuk merdeka atas tanah airnya Papua Barat telah menjadi nyata.

Victoria, 1 Juli 1971

Atas nama rakyat dan pemerintah Papua Barat,

Seth Jafet Rumkorem
(Brigadir-Jenderal)

Facebook Comments