Westpapuanews.Org

Berita tangan pertama dari Tanah Papua

ULMWP

KTT MSG ditunda, Menlu Vanuatu : pengesahan ULMWP sebagai Anggota Penuh akan dibahas di rapat tingkat PM

PORT VILA, Westpapuanews.org — Konferensi Tingkat Tinggi Melanesian Spearhead Group (KTT MSG) yang sedianya digelar pada 17 hingga 21 Juli ditunda ke tanggal lain yang belum dikonfirmasi.

Dikutip dari Dailypost Vanuatu, Menteri Luar Negeri dan Wakil Perdana Menteri Vanuatu, Jotham Napat mengatakan,  pertemuan Menlu MSG bulan lalu mengusulkan tanggal ini sambil menunggu konfirmasi dari masing-masing negara anggota.

Menlu Napat mengatakan Sekretariat MSG telah menerima konfirmasi dari pemerintah Kepulauan Solomon bahwa mereka bentrok dengan Sidang Parlemen mereka, oleh karena itu pertemuan harus dijadwal ulang.

Kepulauan Solomon mulai menuju krisis politik setelah Pemerintahan Perdana Menteri Manasseh Sogavare membangun kerjasama dengan pemerintah China dan bersepakat memperkuat militer negara itu, sesuatu yang tidak disukai oleh Amerika Serikat, Australia dan Selandia Baru.

“Perdana Menteri Vanuatu sebagai Ketua MSG akan menyurati para anggota untuk menjadwal ulang pertemuan pada tanggal lain di mana setiap pemimpin tersedia untuk menyelesaikan masalah mereka,” katanya kepada Daily Post.

“Bagi Vanuatu, Juli sudah penuh dengan kegiatan. Presiden Prancis akan segera tiba. Kami sedang mempertimbangkan untuk mengatur pertemuan pada bulan Agustus.”

Tidak ada agenda pengesahan ULMWP sebagai Anggota Penuh MSG

Ketika diiminta konfirmasi apakah pengesahan United Liberation Movement for West Papua (UMLWP) sebagai anggota penuh MSG akan menjadi agenda dalam Leaders Meeting kali ini, Menlu Napat menjawab hal tersebut tidak dibahas dalam Pertemuan Menteri Luar Negeri MSG.

Dijelaskannya, Rapat Menlu hanya membahas anggaran dan persetujuannya, namun pengajuan UMLWP menjadi anggota penuh akan dibahas secara retret oleh Perdana Menteri MSG sebelum diadopsi. Vanuatu sangat mendukung agenda ini.■

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *