ULMWP

Senator ULMWP Wilayah Anim Ha minta 4 poin ini dibahas pada Kongres I Suku Wambon

TANAH MERAH, Westpapuanews.Org — Senator Wilayah Anim-Ha Pemerintah Sementara ULMWP Elieser Anggainggom meminta rakyat suku Wambon yang sedang melaksanakan Kongres I Ikatan Keluarga Besar Wambon Bersatu Tahun 2024 di Tanah Merah, Boven Digoel untuk membahas 4 poin ini. [Baca Statement disini].

Pertama, Rakyat suku Wambon menolak maklumat Trikora 19 Desember 1961 oleh presiden Republik Indonesia yang pertama bapak Ir. Soekarno.

Kedua, Rakyat suku Wambon merekomendasikan ULMWP, ILWP dan negara-negara  Melanesia untuk meminta mahkamah internasional [ICJ] meninjau kembali Perjanjian New York 15 Agustus 1962.

Ketiga, Rakyat suku Wambon mendukung penuh perjuangan bangsa Papua untuk hak penentuan nasib sendiri.

Keempat, Rakyat suku Wambon membentuk dewan rakyat untuk mendukung perjuangan hak  penentuan nasib sendiri bagi Wes Papua.

Ditegaskan Elieser, jika 4 poin yang diusulkannya tidak menjadi salah satu materi pembahasan dan penetapan hasil Kongres I Ikatan Keluarga Besar Wambon Bersatu maka seutuhnya rakyat suku Wambon tidak terlibat dalam Kongres tersebut.

“Dan kongres I Ikatan Keluarga Wambon ini adalah muatan kepentingan kaum intelektual suku Wambon dalam pembangunan untuk menjaga kedaulatan Indonesia di wilayah West Papua,” tegasnya.

Kongres I Ikatan Keluarga Besar Wambon Bersatu akan berlangsung pada 23-25 Mei 2024 di Tanah Merah, Boven Digoel, Wilayah Adat Anim Ha. Kongres tersebut diprediksi berkaitan dengan momentum Pilkada Serentak 2024. [SK]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *