Westpapuanews.Org

Berita tangan pertama dari Tanah Papua

ArtikelGreen State VisionULMWP

Siapa pemimpin yang menjadi icon perjuangan Rakyat Papua Barat sekarang ini?

Siapa pemimpin yang menjadi sebagai icon atau simbol perjuangan rakyat dan bangsa Papua Barat sekarang ini?

“Ikan kecil jangan dipelihara di dalam kolam ikan besar. Biarkan ikan kecil dipisahkan di kolam lebih aman, supaya ia berkembang menjadi besar dan ada waktunya ikan kecil kembali ke kolam ikan besar”.

Oleh Gembala Dr. Ambirek G. Socratez Yoman

Dalam perjuangan rakyat dan bangsa Papua Barat seharusnya ada icon dan simbol perlawanan yang didukung kuat oleh seluruh rakyat dan bangsa Papua Barat dari Sorong-Merauke.

Icon dan simbol itu bukan saja diterima dan didukung oleh rakyat dan bangsa Papua Barat, tetapi rakyat Indonesia dan komunitas internasional.

Syarat utama dari icon dan simbol perjuangan dan perlawanan rakyat dan bangsa Papua Barat ialah pergerakan orang-orang ini membuat pemerintah dan bangsa Indonesia merasa terganggu, panik dan gelisah atau menjadi seperti cacing kepanasan atau seperti ekor cecak yang terputus.

Rakyat dan bangsa Papua Barat harus mempunyai tokoh seperti: alm. Ir. Sukarno, alm. Mahatma Gandhi, alm. Nelson Mandela, Xanana Gusmao, Jose Ramos Horta.

Tokoh-tokoh ini didukung penuh rakyat dan bangsa mereka masing-masing. Tokoh ini didukung oleh komunitas internasional. Tokoh-tokoh konsisten dan komitmen politik jelas. Tokoh-tokoh ini membuat para penjajah dan bangsa kolonial selalu menggerkkan seluruh kekuatan mereka dan dengan mengeluarkan dana diplomasi yang besar.

Siapa icon dan simbol perjuangan dan perlawanan rakyat dan bangsa Papua Barat?

Rakyat dan bangsa Timor Leste waktu berjuang melawan kolonial Indonesia memiliki icon dan simbol serta kekuatan politik Xanana Gusmao, Jose Ramos Horta dan juga memiliki tokoh spiritual dan moral, yaitu Uskup Carlos Filipe Ximenes Belo, S.D.B.

Rakyat dan bangsa Afrika Selatan memiliki simbol dan icon dan kekuatan mereka ialah alm. Nelson Mandela, Walter Sisulu, Oliver Tambo dan masih banyak dan mereka memiliki tokoh spiritual dan moral alm. Arbishop Desmond Tutu.

Apakah rakyat dan bangsa Papua Barat sudah memiliki pemimpin-pemimpin besar seperti yang sudah disebutkan
nama-nama ini?

Akhir dari tulisan ini,saya mengajak kepada seluruh rakyat dan bangsa Papua Barat, kita mendukung semua proses perjuangan yang sedang diperjuangkan oleh rakyat dan bangsa Papua Barat, yaitu:

  1. Mendukung kunjungan Komisi Tinggi HAM PBB ke Papua Barat.
  2. Mendukung Special Envoy (Utusan Khusus) dari Negara-Negara Kepulauan Pasifik (PIF), PM Fiji Hon. Mayor Jendral Sitiveni Ligamamada Rabuka OBE,dan PM Papua New Guinea Hon. James Marape.
  3. Mendukung Hon. Benny Wenda Presiden Pemerintahan Sementara Papua Barat, Green State Vision dan Paket Diplomasi yang bermarkas di Oxford, Inggris.
  4. Mendukung dan memperkuat ULMWP dan pengurus/pemimpin ULMWP.
  5. Mendukung KNPB
  6. Mendukung TPNPB.

Akhir kata, siapa pemimpin icon dan simbol perlawanan rakyat dan bangsa Papua Barat sekarang ini?

Doa dan harapan saya, tulisan kecil ini membuka menambah wawasan.

Ita Wakhu Purom, 13 November 2023

  1. Presiden Persekutuan Gereja-gereja Baptis West Papua.
  2. Anggota: Dewan Gereja Papua
    (WPCC).
  3. Anggota Konferensi Gereja-gereja Pasifik (PCC).
  4. Anggota Baptist World Alliance (BWA).

Kontak: 08124888458//08128888712

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *