Westpapuanews.Org

Berita tangan pertama dari Tanah Papua

ULMWP

ULMWP Terpilih laksanakan Doa Syukur di Wamena : Kembali ke Rumah Kita

Manase Tabuni selaku Presiden Eksekutif ULMWP memberikan sambutan dalam pidato pertama pada acara syukuran ULMWP di Wamena / WPNEWS

WAMENA, Westpapuanews.Org — Mengusung thema ‘Kembali ke Rumah Kita’ [Back to Our Home], Kepemimpinan terpilih ULMWP pada KTT II di Port Vila Vanuatu mengadakan doa syukur di Kantor Koordinasi di Jl Maplima No.15, Wamena, West Papua, pada Jumat [20/10]

Dalam Media Relase yang diterima Westpapuanews.Org, Sekretaris Eksekutif ULMWP Markus Haluk mengatakan, Konferensi Tingkat Tinggi Kedua [KTT II] United Liberation Movement for West Papua [ULMWP] yang secara simbolik dibuka pada 22 Agustus 2023 dan dilanjutkan dari 26 Agustus – 3 September 2023, telah memutuskan sejumlah kebijakan strategis yang mencakup road map, regulasi dan struktur baru ULMWP.

“Tujuan KTT II ULMWP pada hakekatnya untuk membangun kerangka kerja, konsolidasi lebih luas dan penataan organisasional ULMWP. KTT II juga melibatkan organisasi-organisasi perjuangan pembebasan Rakyat West Papua baik yang terafiliasi dalam ULMWP maupun yang belum terafiliasi,” kata Markus.

Menurutnya, peserta KTT II ULMWP mencakup 50 orang representasi orang West Papua yang berada di West Papua, orang Papua di diaspora maupun support group dari Australia, Indonesia, Vanuatu, Papua Niew Guinea serta dari West Papua.

“Selama berlangsungnya KTT II ULMWP, para peserta menyampaikan berbagai gagasan, ide, usul dan saran dalam kerangka konstruktif untuk menata perjuangan pembebasan nasional Bangsa Papua,” beber Markus.

Lebih lanjut Markus menjelaskan, peserta juga menyampaikan catatan perbaikan yang perlu dilakukan oleh ULMWP, dalam rangka membenahi tugas dan tanggung jawab kerja ke depan. Melalui KTT II, ULMWP sebagai payung bagi organisasi pembebasan Bangsa West Papua telah diputuskan kesepahaman bersama yang tertuang kedalam delapan klaster Program.

BACA JUGA : Ini Kepemimpinan Papua Barat hasil KTT ke-2 ULMWP, kini berpusat di dalam negeri

“Struktur kepengurusan organisasi terbagi dalam Dewan Legislatif, Dewan Yudikatif, dan Dewan Eksekutif; serta Undang-Undang Dasar ULMWP yang menunjang tata kelola organisasi.

“Dalam pleno kelima tentang penetapan kepengurusan telah ditetapkan bahwa Dewan Legislatif dipimpin oleh Buchtar Tabuni selaku Ketua, dibantu oleh Michael Tora selaku Sekretaris dan Willem Rumaseb sebagai anggota; Dewan Yudikatif dipimpin oleh Apolos Sroyer selaku Ketua, Engelberth Surabut selaku Sekretaris dan Septinus Paiki selaku anggota; serta Dewan Eksekutif yang dipimpin oleh Menase Tabuni selaku Presiden, Octovianus Mote selaku Wakil Presiden, Markus Haluk sebagai Sekretaris Eksekutif dan Benny Wenda selaku Kepala Urusan Luar Negeri serta dibantu oleh Rex Rumakiek, Constantinopel Ruhukail, Jacob Rumbiak, Paula Makabory, Oridek Ap dan lainnya.

“Pertimbangan mendasar dalam menetapkan komposisi kepengurusan ULMWP periode 2023–2028 adalah dengan mempertimbangkan keseimbangan organisasi pilar ULMWP, merawat persatuan, membuka ruang partisipasi yang lebih luas kepada berbagai pihak pendukung dan menata sistem organisasi agar berlangsung secara lebih sistematis dan harmonis.

“Setelah tercapainya keputusan-keputusan penting dalam KTT II ULMWP, memberikan gambaran bahwa komitmen baru telah ditentukan dengan membawa kembali Perjuangan Pembebasan Nasional Bangsa Papua demi mewujudkan Hak Menentukan Nasib Sendiri untuk kemerdekaan dan kedaulatan politik didudukan dalam rumah Bangsa Papua di Tanah Air sebagai pusat kendali perjuangan.

“Pada saat kami melaksanakan KTT II ULMWP, sedang berlansung konflik di West Papua yang berdampak pada terjadinya pelanggaran Hak Asasi Manusia dan kejahatan terhadap lingkungan Hidup. ULMWP menyambut gembira, keputusan para pemimpin MSG pada Agustus 2023, yang menyerukan kunjungan Komisioner Dewan HAM PBB ke West Papua dalam kurun waktu satu tahun,” jelas Markus panjang lebar.

Manase Tabuni selaku Presiden Eksekutif ULMWP menyampaikan bahwa “kepemimpinannya terbuka bekerja sama dengan berbagai kalangan dari para pemimpin negara, NGOs, solidaritas Papua di West Papua, Indonesia, Melanesia, Pacifik dan komunitas internasional. Dukungan mereka sangat berarti dalam mewujudkan visi dan misi, perjuangan Panjang bangsa Papua.”

ULMWP dalam media release menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada Pemerintah dan Rakyat Vanuatu, Rakyat West Papua, Pemimpin Gereja, Pemimpin Adat, NGOs, pendukung West Papua dan Komunitas Internasional atas suksesnya pelaksanaan KTT II ULMWP di Port Vila, Vanuatu. [W]

Download : Media Release Perdana ULMWP

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *