Westpapuanews.Org

Berita tangan pertama dari Tanah Papua

OCEANIAULMWP

Ini 4 poin dukungan Rakyat Papua wilayah adat Anim Ha untuk ULMWP jadi anggota penuh MSG

Rakyat Papua wilayah adat Anim Ha mewakili 32 suku pribumi Papua Selatan menyatakan dukungan kepada ULMWP untuk mewakili West Papua masuk menjadi anggota penuh MSG. @WPNews

TANAH MERAH, Westpapuanews.Org — ULMWP Anim Ha menggelar doa dan ritual adat mendukung West Papua melalui United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) menjadi anggota penuh Melanesian Spearhead Group (MSG) pada KTT MSG di Port Vila Vanuatu.

Dukungan ini terdiri dari 4 poin, diberikan di Tanah Merah Boven Digoel mewakili 32 suku pribumi Papua Selatan tepat pada momentum HUT ke-78 Republik Indonesia pada 17 Agustus 2023 kemarin. (Lihat foto-foto disini).

Adapun poin dukungan tersebut adalah Pertama, United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) adalah organisasi politik yang secara sah mewakili aspirasi politik rakyat Papua dalam upaya memperjuangkan hak penentuan nasib sendiri bagi rakyat dan bangsa Papua bagian barat pulau New Guinea untuk mendapatkan kemerdekaan dan kedaulatan dari penjajahan asing.

Kedua, kami rakyat Papua Barat menyatakan mendukung penuh United Liberation Movement for West Papua (ULMWP), selanjutnya disebut Pemerintahan Sementara Papua Barat, untuk menjadi anggota penuh Melanesian Spearhead Group (MSG) resmi sebagai perwakilan Papua Barat dari Sorong-Merauke.

Ketiga, Kami rakyat Papua Barat dengan tegas menyatakan bahwa kehadiran Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) kolonial di MSG tidak mewakili rakyat dan bangsa Papua dari Sorong-Merauke.

Keempat, Kami menyatakan dukungan dan pengakuan sepenuhnya kepada ULMWP yang selanjutnya disebut Pemerintah Sementara Papua Barat, menghadiri acara Summit-MSG atau MSG Leader Summit di Port Vila, Vanuatu mewakili rakyat dan bangsa Papua dari Sorong-Merauke. Pertemuan Summit-MSG akan berlangsung dari (18 hingga 24 Agustus 2023) di Port Vila, Vanuatu.■

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *