Westpapuanews.Org

Berita tangan pertama dari Tanah Papua

Organisasi Papua Merdeka

Ketua OPM himbau rakyat Papua dan masyarakat Internasional rayakan HUT Bangsa Papua ke-62

VICTORIA, Westpapuanews.Org — Ketua Organisasi Papua Merdeka [OPM] Jeffrey Bomanak menghimbau rakyat Papua dan masyarakat Internasional untuk tetap merayakan hari bersejarah embrio bangsa Papua ke-62 tahun, 1 Desember 1961 – 1 Desember 2023.

Himbauan dan penyampaian resmi Ketua OPM sebagai penanggungjawab politik perjuangan bangsa Papua dikeluarkan dari Markas Besar OPM-TPNPB Victoria pada Jumat [18/11/2023].

Dalam rilis tertulis dan video yang diterima Westpapuanews.Org, Jeffrey menyebutkan pihaknya masih tetap konsisten mempertahankan embrio bangsa Papua 1 Desember 1961 melalui proklamasi 1 Juli 1971.

“Selama 62 tahun rakyat Papua bersama OPM-TPNPB masih tetap konsisten mempertahankan embrio bangsa Papua 1 Desember 1961 melalui proklamasi 1 Juli 1971,” katanya.

Dia menyebutkan, sikap ini memenuhi syarat berdasarkan hukum internasional di dalam Unilateral Act, Trusteeship Council PBB, dan Resolusi PBB nomor 1514 tanggal 14 Desember 1960 tentang Deklarasi Pemberian Kemerdekaan kepada bangsa dan negara terjajah.

“Kebenaran sejarah,” Jeffrey menegaskan, “adalah kekuatan dan identitas suatu bangsa demi memetakan musuh bagi penentuan masa depan bangsa untuk merdeka dan berdaulat.”

Jeffrey merincikan, rangkaian upacara peringatan 62 tahun hari embrio Bangsa Papua akan ditandai dengan upacara bendera Bintang Kejora di Markas Besar OPM-TPNPB Victoria.

“Selain itu akan diberikan penghormatan dan pangkat Anumerta kepada para pejuang patriotik bangsa Papua yang telah gugur dalam rentetan fase perjuangan bangsa Papua di dalam Organisasi Induk OPM TPNPB,” pungkasnya. [W]

One thought on “Ketua OPM himbau rakyat Papua dan masyarakat Internasional rayakan HUT Bangsa Papua ke-62

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *