TPNPB-OPM Serbu Bandara Aminggaru Ilaga, Satu KKB Tertembak di Punggung

ILAGA, Westpapuanews.Org — Prajurit Kepala (Praka) Hermansyah dari Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Kopasgat TNI AU yang menjaga Bandara Aminggaru Ilaga, Puncak, Papua, ditembak di punggung kiri dan kanan ketika TPNPB-OPM melakukan serbuan pada pukul 04.00 WIT, Sabtu subuh (19/2/22).

Dua rekan Praka Hermansyah diketahui hanya mengalami luka ringan akibat terkena serpihan peluru dan jatuh tergelincir ketika melarikan diri dari tempat kejadian.

Juru Bicara Militer TPNPB-OPM Sebby Sambom menjelaskan kepada Westpapuanews.Org, serbuan terhadap KKB Kopasgat TNI AU dipimpin oleh Komandan Lapangan Numbuk Telenggen.

Sementara Komandan Korem 173/PVB, Brigadir Jenderal TNI Taufan Gestoro seperti dikutip ANTARA mengatakan ketiga korban sudah ditangani paramedis di Puskesmas Ilaga sambil menunggu Helikopter dari Timika untuk mengevakuasi Praka Hermansyah yang kondisinya semakin kritis.

Sebelumnya, pada 27 Januari lalu, tiga prajurit KKB TNI AD tewas ditembak TPNPB di Distrik Gome, Kabupaten Puncak. Keluarga korban saat itu langsung menerima uang santunan sebesar Rp 700 Juta per kepala.

Perang Gerilya yang dilancarkan TPNPB-OPM sejak tahun 2018 telah merepotkan pihak KKB TNI dan Polri dilapangan dan sebagai balasannya, KKB TNI Polri melakukan berbagai tindak kekejaman terhadap rakyat sipil.

Akibat dari tindak kekejaman terhadap rakyat sipil, Komisi Tinggi HAM PBB telah menyurati Pemerintah Indonesia untuk menjawab beberapa pertanyaan.

Surat ini membuat panik pemerintah Indonesia dan kini jawaban-jawaban palsu sedang disusun untuk menangkis Komisi Tinggi HAM PBB. (Baca disini)

“Perang akan berlanjut sampai musuh tunduk dan jumpa di meja perundingan di bawah pengawasan PBB,” pungkas Jubir Militer TPNPB-OPM Sebby Sambom.■