Jeffrey Bomanak : OPM Tolak Dialog Skala Nasional

Momen Ketua OPM Jeffrey Bomanak berdiskusi dengan mendiang Grand Chief Michael Somare.@OPM

VICTORIA, Westpapuanews.Org — Organisasi Papua Merdeka atau OPM secara tegas menolak asumsi dialog skala nasional yang ditawarkan NKRI. Hal itu disampaikan Ketua OPM, Jeffrey Bomanak, dalam rilis pers yang diterima Westpapuanews Org Kamis (10/03/22).

Dikatakan Jeffrey, berdasarkan pengalaman pahit dalam perjuangan bangsa Papua, tawaran dialog yang disampaikan oleh NKRI, dengan tegas ditolak oleh OPM.

“Dialog dalam koridor NKRI akan terus mengorbankan rakyat Papua. Kami OPM meminta perundingan internasional melibatkan kerangka hukum internasional secara adil dan demokratis karena masalah Papua adalah masalah internasional,” kata Jeffrey Bomanak.

Menurutnya, hal ini karena OPM memiliki banyak pengalaman buruk, bahwa proses dialog hanya akan memberikan peluang bagi NKRI dapat menginfiltrasi dan menghancurkan kekuatan perjuangan OPM dan NKRI selalu memanipulasi data dan fakta dalam semua proses pendekatan duduk bicara oleh Jakarta.

“Banyak Jenderal kami dibunuh atas nama Dialog Regional, Dialog Terbatas, oleh sebab itu OPM dalam generasi setelah 60 tahun perjuangan bangsa, dengan tegas menolak dialog berskala nasional,” kata Bomanak.

Lebih lanjut, Jeffrey Bomanak mengatakan, NKRI sebagai negara anggota PBB selayaknya mengikuti kerangka internasional tentang duduk bicara dalam konteks internasional, karena sangat jelas bahwa perjuangan bangsa Papua memiliki koneksivitas berskala internasional.

“Sejak 2019, OPM secara terbuka dalam konteks internasional kami sudah menyatakan sikap untuk berunding dengan NKRI dengan melibatkan pihak internasional yang netral dan bertanggung jawab, Hal itu secara terbuka kami sudah melakukan statemen resmi dalam OPM International Press Conference bahwa harus dilakukan external negotiations,” papar Bomanak. (Nonton video disini).

Jeffrey dalam rilis persnya mengingatkan kepada semua kelompok atau elit politik NKRI di Papua untuk tidak mengatasnamakan OPM dan sayap militernya TPNPB melakukan penipuan soal isu dialog dengan NKRI.

“Kami OPM dan TPNPB secara tegas akan mengabil tindakan demi menjaga nama baik perjuangan Bangsa Papua,” tegas Bomanak.■

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.