Westpapuanews.Org

Berita tangan pertama dari Tanah Papua

BeritaPerang Gerilya TPNPB

Jenderal TPNPB Bernardus Mawen Tutup Usia

Jenderal Bernard Mawen (bersenjata) didampingi Stafnya John Koknak (berseragam loreng) berpose didepan Bendera Bintang Fajar tahun 1989. Di belakang mereka adalah Pasukan.@Ben Bohane

MERAUKE, Westpapuanews.Org — Panglima Komando Daerah Pertahanan V Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat – Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) Wilayah Papua Selatan Jenderal TPNPB Bernardus Mawen menghembuskan nafas terakhir di Kiunga District Hospital, Kiunga, Western Province Papua Nugini pada hari ini, Jumat (16/11/2018) pukul 07.30 pagi waktu setempat.

Sumber Westpapuanews.Org di Kiunga menyebutkan, Jenderal Mawen meninggal setelah dirawat secara intensif di Kiunga District Hospital sejak bulan Oktober 2018 untuk mengobati sakit paru-paru yang dideritanya selama beberapa tahun terakhir.

Jenderal Mawen dikenal sebagai Gerilyawan tertua dan paling lama bertahan di rimba raya sejak akhir dekade 1960-an.

Dia terkenal sebagai salah satu Panglima Wilayah yang tidak suka mengejar nama besar tetapi selalu mengedepankan ide persatuan dalam konsolidasi internal TNP-PB untuk memperjuangkan kemerdekaan Papua.

Beberapa Film Dokumenter Perjuangan Gerilyawan TPN-PB pimpinan Jenderal Mawen pernah dibuat oleh Filmmaker Ben Bohane, Claudio von Planta dan Damien Faure.

Dua film dokumenter yang saat ini bisa diakses melalui kanal Youtube adalah produksi Claudio von Planta berjudul Rebels of the Forgotten World dan produksi Damien Faure berjudul Forgotten Colonization.■

One thought on “Jenderal TPNPB Bernardus Mawen Tutup Usia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *