Westpapuanews.Org

Berita tangan pertama dari Tanah Papua

KOMNAS-TPNPBPerang Gerilya TPNPB

Keamanan Bandara Oksibil dijamin Satgas Ops Damai Cartenz, Pesawat Trigana Air mulai beroperasi besok

Pesawat Jenis ATR milik Maskapai Sipil Trigana Air di Bandara Sentani. Pesawat ini menjadi target tembak TPNPB karena biasa digunakan untuk mengangkut personil dan logistik militer Indonesia. / WPNEWS

JAYAPURA, Westpapuanews.Org — Maskapai penerbangan sipil Trigana Air akan kembali melayani rute Jayapura-Oksibil pada Jumat [29/9] besok setelah menutup operasinya selama 1 minggu akibat pesawat sipil itu ditembak TPNPB Kodap 35 Bintang Timur pada Selasa [19/9] lalu.

Sumber Westpapuanews.Org di Bandara Sentani Jayapura menyebutkan, operasional penerbangan Trigana Air dimulai kembali setelah TNI – Polri [Satgas Ops Damai Cartenz] memberikan jaminan keamanan dan berjanji akan melindungi Bandara Oksibil dan keselamatan semua pesawat sipil dari tembakan TPNPB.

Satgas Ops Damai Cartenz diketahui sangat membutuhkan pesawat sipil untuk mengangkut personil dan logistik militer ke Oksibil setelah satu-satunya jembatan jalur darat di Serambakon yang biasa dilewati mobil pengangkut personil dan logistik dari Yahukimo berhasil dihancurkan TPNPB pada serangan Senin [19/9].

Data pada aplikasi Traveloka, sebuah perusahaan yang menyediakan layanan pemesanan tiket pesawat dan hotel secara daring menunjukkan, tiket Trigana Air tidak terjual sejak Kamis [21/9] sampai dengan Kamis [28/9].

Tiket pesawat sipil yang kerap digunakan untuk mengangkut personil dan logistik militer dari Jayapura ke Oksibil itu baru dijual untuk penerbangan rute Jayapura-Oksibil pada Jumat [29/9] besok seharga Rp. 1.150.000 per kepala.

Untuk melayani rute Jayapura-Oksibil, Trigana Air menyiapkan dua pesawat ATR baik untuk penumpang maupun kargo yang dilayani setiap hari.  “Mudah-mudahan situasi keamanan di wilayah itu terus kondusif, sehingga pelayanan penerbangan kembali normal,” ujar Deputy Area Manager Papua Trigana Air Ahmad Irwan Rochendi. [W]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *