Westpapuanews.Org

Berita tangan pertama dari Tanah Papua

IPWPMSGPIFULMWP

Rakyat West Papua dan Pemerintah Sementara Wilayah Anim Ha dukung pertemuan IPWP di Parlemen Inggris

Rakyat dan Pemerintah Sementara West Papua Wilayah Anim Ha mendukung pertemuan IPWP di Parlemen Inggris untuk mendesak PBB masuk ke Papua / WPNEWS

MERAUKE, Westpapuanews.Org — Rakyat West Papua bersama Pemerintah Sementara West Papua [ULMWP] Wilayah Anim-Ha di Merauke [Selatan West Papua] pada Selasa [17/10] kemarin menyatakan dukungannya untuk pertemuan International Parliamentarians for West Papua [IPWP] yang akan berlangsung hari ini, Rabu [18/10] di Gedung Parlemen Inggris di Westminster Hall, London.

Pertemuan IPWP dimaksud akan dikoordinir langsung oleh Presiden Sementara West Papua Benny Wenda dengan agenda utama “Seruan untuk kunjungan PBB ke West Papua yang tertunda sejak 2018!”

Wilayah Adat Anim Ha yang dipimpin Mathius ‘Nonong’ Tambaib menyatakan :

[1]. Mendukung pertemuan IPWP di Inggris besok tanggal 18 Oktober 2023.

[2]. Mendesak Komisaris Tinggi HAM PBB segera berkunjung ke West Papua untuk melihat langsung apa yang terjadi.

[3]. Pemerintah Indonesia segera membuka akses kunjungan PBB dan menfasilitasi-nya untuk masuk ke West Papua sesuai Komunike MSG 2023.

Diberitakan sebelumnya, International Parliamentarians for West Papua [IPWP] akan menggelar pertemuan di Room W2, Westminster Hall, Houses of Parliament, London, United Kingdom, pada 18 Oktober 2023.

Pertemuan itu akan melibatkan IPWP dan All Party Parliamentarian Group untuk mendukung Komunike Melanesian Spearhead Group [MSG] atau resolusi tetang kunjungan UN High Commissioner for Human Rights [Komisi Tinggi HAM PBB] ke Papua.

Indonesia pernah berjanji akan memfasilitasi kunjungan PBB pada tahun 2018 ke Papua. Faktanya, 5 tahun kemudian, Indonesia sebagai negara yang menjadi Associated Member di MSG dan mengklaim diri sebagai negara demokrasi ini semakin tidak bisa memberikan akses kepada PBB untuk masuk ke Papua. [Baca disini]. [W]

One thought on “Rakyat West Papua dan Pemerintah Sementara Wilayah Anim Ha dukung pertemuan IPWP di Parlemen Inggris

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *