Westpapuanews.Org

Berita tangan pertama dari Tanah Papua

IPWPSolidaritas Internasional

IPWP akan gelar pertemuan di London, dukung Komunike MSG

IPWP akan menggelar pertemuan di London, United Kingdom, untuk mendukung Komunike MSG / WPNEWS

OXFORD, Westpapuanews.Org International Parliamentarians for West Papua [IPWP] akan menggelar pertemuan di Room W2, Westminster Hall, Houses of Parliament, London, United Kingdom, pada 18 Oktober 2023.

Pertemuan itu akan melibatkan IPWP dan All Party Parliamentarian Group untuk mendukung Komunike Melanesian Spearhead Group [MSG] atau resolusi tetang kunjungan UN High Commissioner for Human Rights [Komisi Tinggi HAM PBB] ke Papua.

Indonesia pernah berjanji akan memfasilitasi kunjungan PBB pada tahun 2018 ke Papua. Faktanya, 5 tahun kemudian, Indonesia sebagai negara yang menjadi Associated Member di MSG dan mengklaim diri sebagai negara demokrasi ini semakin tidak bisa memberikan akses kepada PBB untuk masuk ke Papua.

IPWP juga menyatakan keprihatinannya atas kekerasan militer Indonesia yang menyebabkan pengungsian warga sipil Orang Asli Papua [OAP] di Oksibil, Nduga, Intan Jaya, Maybrat, Yapen dan Puncak. Oleh karena itu IPWP menyambut Resolusi MSG, dan juga Organization of African Caribbean and Pacific States [OACPS] dan Pacific Island Forum [PIF] agar Indonesia bisa memberi akse kunjungan PBB ke Papua.

Terkait warga sipil OAP yang mengungsi karena kebrutalan militer Indonesia, para petinggi militer selalu menutupi fakta di lapangan dengan berbohong di media massa.

Terbaru, ketika 91 warga sipil OAP mengungsi ke hutan sekitar Oksibil untuk menyelamatkan diri dari balas dendam rasial militer Indonesia akibat Bripda Rudi Agung tewas dibedil TPNPB, Kasatgas Humas Damai Cartenz AKBP Bayu Suseno justru berbohong melalui Kantor Berita Resmi Republik Indonesia, ANTARA, bahwa tidak ada warga Oksibil yang mengungsi. [S]

7 komentar pada “IPWP akan gelar pertemuan di London, dukung Komunike MSG

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *