Westpapuanews.Org

Berita tangan pertama dari Tanah Papua

IPWPMSGPIFULMWP

Rakyat West Papua Saireri di Serui nyatakan mendukung pertemuan IPWP di Westmisnter Hall, Inggris

Rakyat Papua Saireri di Serui dukung pertemuan IPWP di Westmisnter Hall / BAZOKA LOGO

SERUI, Westpapuanews.Org — Rakyat West Papua di Serui, Kepulauan Yapen, Selasa [17/10] kemarin menyatakan mendukung pertemuan IPWP [International Parliament for West Papua[ yang akan berlangsung hari ini, Rabu [18/10] di Westminster Hall, London, Inggris.

Pertemuan IPWP dimaksud akan dikoordinir langsung oleh Presiden Sementara West Papua Benny Wenda dengan agenda utama “Seruan untuk kunjungan PBB ke West Papua yang tertunda sejak 2018!”

Wilayah Adat Saireri yang dipimpin Edison Kendi ini menyatakan :

[1]. Mendukung Seruan IPWP kepada Komisioner Tinggi PBB untuk West Papua di Westminster Hall, 18 Oktober 2023

[2]. Mendesak Komisioner Tinggi Dewan HAM PBB berangkat ke Papua Barat untuk menyelidiki pelanggaran HAM berat yang terjadi di masa lalu dan masa kini.

[3]. Mendesak Pemerintah Indonesia segera membuka akses kunjungan Dewan HAM PBB ke Papua Barat.

Diberitakan sebelumnya, International Parliamentarians for West Papua [IPWP] akan menggelar pertemuan di Room W2, Westminster Hall, Houses of Parliament, London, United Kingdom, pada 18 Oktober 2023.

Pertemuan itu akan melibatkan IPWP dan All Party Parliamentarian Group untuk mendukung Komunike Melanesian Spearhead Group [MSG] atau resolusi tetang kunjungan UN High Commissioner for Human Rights [Komisi Tinggi HAM PBB] ke Papua.

Indonesia pernah berjanji akan memfasilitasi kunjungan PBB pada tahun 2018 ke Papua. Faktanya, 5 tahun kemudian, Indonesia sebagai negara yang menjadi Associated Member di MSG dan mengklaim diri sebagai negara demokrasi ini semakin tidak bisa memberikan akses kepada PBB untuk masuk ke Papua. [Baca disini]. [W]

One thought on “Rakyat West Papua Saireri di Serui nyatakan mendukung pertemuan IPWP di Westmisnter Hall, Inggris

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *