Westpapuanews.Org

Berita tangan pertama dari Tanah Papua

EkosidaGENOSIDAGreen State VisionSolidaritas Internasional

Koteka Wenda beberkan Genosida dan Ekosida di Papua pada acara The World Transformed

Click here to display content from YouTube.
Learn more in YouTube’s privacy policy.

LIVERPOOL, Westpapuanews.Org — Koteka Wenda, juru bicara Kampanye Free West Papua di Inggris berbicara pada sebuah acara yang disenggarakan oleh The World Transformed International di Liverpool, Inggris pada Senin [9/10].

Putri sulung Presiden Sementara West Papua Benny Wenda itu mengawali pidatonya dengan lagu leluhur Papua Barat yang dinyanyikan dalam bahasa Lani.

Dia kemudian menjelaskan rahasia Genosida dan Ekosida yang terjadi di kampung halamannya di Papua Barat [bagian barat pulau New Guinea]. [Klik Website].

Koteka menyebutkan ratusan pengungsi West Papua yang tinggal di seberang perbatasan di PNG. Serta 60.000-100.000 pengungsi internal Papua Barat yang meninggalkan kampung mereka sebagai akibat langsung dari meningkatnya kehadiran militer Indonesia. [Lihat video disini]

Ia berharap buku-buku sejarah yang akan datang suatu hari nanti akan menceritakan kisah Free West Papua.

Sebelumnya, Koteka Wenda mempromosikan Visi Negara Hijau [Green State Vison] yang digagas ULMWP [United Liberation Movement for West Papua].

Dia berbicara di depan lusinan pakar iklim muda dalam sebuah acara kolaborasi Eden Project, Earth Minutes UK dan Extreme Hangout di Cornwall, salah satu County di Inggris. [Baca disini].

Selain itu, pada Selasa [26/9] dia memimpin sebuah aksi protes di depan Kedutaan Besar Republik Indonesia [KBRI] London.

Aksi protes ini menuntut Indonesia menarik satuan-satuan militer dari Papua karena keberadaan mereka menyebabkan kekerasan bersenjata yang berujung pada genosida dan pengungsian Orang Asli Papua [OAP]. [Baca disini]. [W]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *