Westpapuanews.Org

Berita tangan pertama dari Tanah Papua

BeritaKrisis Sandera Pilot SusiAir

Michelle Kurisi Doga sempat ijin ke Ibunya sebelum ke Nduga, bilang urus pilot Susi Air

Michelle Kurisi Doga bersama ibu kandungnya Eliz Ibeth Howay / FACEBOOK

WAMENA, Westpapuanews.Org — Hasil tangkap layar status akun Facebook Ibunda Michelle Kurisi Doga bernama Eliz Ibeth Howay Mandosir memberi sedikit petunjuk tentang tujuan wanita yang karib disapa Misel itu pergi ke Kabupaten Nduga, Provinsi Papua Pegunungan.

Ibunda Misel yang diketahui berprofesi sebagai tenaga medis menyebutkan anaknya Misel sempat meminta ijin pergi ke Kabupaten Nduga untuk bebaskan sandera Pilot Susi Air dari tangan TPNPB.

“Cat [chat] terakir [terakhir] dengan mama cuma ijin untuk pergi bebaskan sandra [sandera] pilot Susy [Susi] Air di Dugama [Ndugama] tempat Egianus Kogoya dan benar kau pergi [demi misi kemanusiaan] dan nyawamu habis di tangan Egianus,” tulis Ibu Eliz di akun Facebook-nya.

Hasil tangkap layar status Ibunda Misel kemudian viral di platform X [sebelumnya Twitter] dan Whatsapp. Tetapi ketika media ini melakukan penelusuran ke akun Facebook Eliz Ibeth Howay Mandosir pada Jumat (1/9), status tersebut telah dihapus.

Para aktivis kemudian beramai-ramai mempertanyakan siapa yang mendorong Misel masuk ke daerah konflik untuk urus pembebasan sandera Pilot Susi Air dari tangan TPNPB.

“Siapa yang suruh dia [Michelle Kurisi Doga] pergi bebaskan sandera [Pilot Susi Air]? BIN, Polisi, TNI, LSM atau PDIP?” tanya Francis Nek Nek di akun X.

Click here to display content from Twitter.
Learn more in Twitter’s privacy policy.

Dikutip dari Jubi.id, pihak keluarga Misel di Wamena mengatakan setelah masa duka keluarga akan melakukan pengecekan riwayat perjalanan korban dari Wamena ke lokasi terbunuhnya.

“Siapa yang antar, tujuannya apa, itu akan kami cari tahu,” kata Herman Doga, Ketua Lembaga Masyarakat Adat [LMA] Jayawijaya yang juga juru bicara keluarga besar Misel.

Misel dilaporkan tewas di tangan TPNPB Kodap III Ndugama pada Senin (28/8) di Wamena. Tetapi jenazahnya baru ditemukan pada Kamis (31/8) di Kabupaten Lanny Jaya, Provinsi Papua Pegunungan.

Misel diketahui merupakan kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Di Partai milik keluarga Sukarno itu dia memiliki hubungan baik dengan Puan Maharani dan Komarudin Watubun.

Dia juga dikabarkan dekat dengan beberapa petinggi Polisi dan Tentara. Dia pernah magang di lembaga telik sandi terbesar Republik Indonesia, Badan Intelijen Negara (BIN), pada tahun 2018.

“Pengalaman yang tidak pernah terlupakan bisa magang di sini. GB,” tulis Misel di akun Facebook Michelle Doga Kurisi pada 15 Mei 2018 setelah magang di BIN.■

3 komentar pada “Michelle Kurisi Doga sempat ijin ke Ibunya sebelum ke Nduga, bilang urus pilot Susi Air

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *