Westpapuanews.Org

Berita tangan pertama dari Tanah Papua

Komite Nasional Papua BaratKrisis Sandera Pilot SusiAirPolisi Republik Indonesia

Militan KNPB Balim Barat bukan pelaku pembunuhan Michelle Kurisi Doga

Michelle Kurisi Doga, dibunuh pada 28 Agustus 2023 ketika menjalankan tugas negara menuju Nduga untuk bebaskan sandera Pilot Susi Air dari tangan TPNPB Kodap III Ndugama / FACEBOOK

WAMENA, Westpapuanews.Org — Komite Nasional Papua Barat [KNPB] Wilayah Balim Barat yang berpusat di Tiom Lanny Jaya dalam pernyataan resmi yang dirilis Rabu [11/10] kemarin menolak tuduhan Kepolisian Daerah [Polda] Papua yang menyebut mereka terlibat dalam pembunuhan Michelle Kurisi Doga.

“Kami Komite Nasional Papua Barat [KNPB] Wilayah Balim Barat, menolak dengan tegas tuduhan Polda Papua atas pembunuhan Michelle Kurisi Doga di Wamena,” tegas Ketua KNPB Balim Barat Pendius Wanimbo.

Pendius dengan tegas menolak tuduhan Polda Papua karena KNPB Balim Barat tidak pernah mendidik anggotanya untuk melakukan tindakan kriminal kepada siapa pun, kecuali melakukan aksi-aksi demo damai di wilayah kerjanya KNPB Balim Barat.

“Karena KNPB Balim Barat [Lanny Jaya] secara organisasi tidak pernah mengajak dan mendidik anggotanya untuk melakukan tindakan kriminal terhadap siapapun orang Asli Papua termasuk pendatang dari luar Papua,” tegasnya.

Pendius menyebutkan, sejak hadirnya KNPB Balim Barat di Lanny Jaya pada tanggal 5 November 2011 sampai detik ini belum pernah melakukan tindakan kriminal dan kejahatan kemanusiaan yang sifatnya melawan hukum di daerah Lanny Jaya dan Wamena.

Menanggapi berita berbagai media pada Selasa [09/10] yang menyebutkan keterlibatan Militan KNPB Balim Barat dalam pembunuhan Michelle Kurisi Doga, Pendinus Wanimbo menegaskan 7 orang yang menjadi tersangka tidak ada dalam struktur Organisasi KNPB yang ia pimpin.

“Mereka adalah simpatisan KNPB atau anggota biasa yang ada diluar dari struktur organisasi KNPB Balim Barat,” tegasnya.

Menanggapi tuduhan Polda Papua, KNPB Balim Barat menyatakan sikap:

[1]. KNPB Balim Barat membantah dan menolak dengan tegas pemberitaan media massa yang menulis berita tentang keterlibatan Militan KNPB Balim Barat dalam kasus pembunuhan Michelle Kurisi Doga di Wamena.

[2]. KNPB secara Nasional dan pada khususnya KNPB Wilayah Balim Barat secara organisasi belum pernah melakukan rapat-rapat organisasi dan mengeluarkan perintah atau instruksi tentang pembunuhan kepada sipapun yang hidup dan tinggal di Lanny Jaya atau Wamena termasuk pembunuhan saudari Michelle Kurisi Doga.

[3]. KNPB Balim Barat membantah dan tidak membenarkan ke-7 tersangka adalah Anggota aktif Militan KNPB Balim Barat, melainkan mereka adalah masyarakat biasa yang tidak ada dalam struktur organisasi KNPB Balim Barat.

Sebelumnya Juru Bicara Nasional KNPB Pusat Ones Suhuniap dalam rilisnya meminta Polisi berhenti memfitnah KNPB terkait pembunuhan Michelle Kurisi Doga. [Baca disini].

Michelle Kurisi Doga terbunuh pada 28 Agustus 2023 di Lanny Jaya ketika sedang menjalankan misi pembebasan sandera Pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens yang ditangkap TPNPB Kodap III Ndugama. [Baca disini].

Sampai saat ini Polisi dan KOMNAS HAM Papua tidak dapat menemukan siapa oknum atau institusi yang mengutus Michelle Kurisi Doga menjalankan tugas berbahaya tersebut. [W]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *