Westpapuanews.Org

Berita tangan pertama dari Tanah Papua

BACAAN PROGRESIF

Pengenalan Kepada Teori Ekonomi Marxis – Bagian 19

ERNEST MANDEL

III.3 Pentingnya Pengeluaran Belanja Militer

Fenomena objektif pertama yang merupakan faktor hebat dalam memfasilitasi pertumbuhan intervensi pemerintah dalam bidang ekonomi negeri-negeri kapitalis adalah tepat sekali keabadian perang dingin dan keabadaian dalam perlombangan senjata. Untuk mengatakan keabadian perang dingin, keabadian perlombaan senjata, keabadian sebuah anggaraan militer yang sangat tinggi, juga berarti mengatakan kontrol negara terhadap bagian penting dari pendapatan nasional. Jika kita membandingkan ekonomi semua negeri-negeri kapitalis yang maju hari ini dengan negeri-negeri kapitalis sebelum perang dunia pertama, kita dapat dengan segera melihat perubahan struktural yang sangat penting tersebut yang telah terjadi dan yang independen dari setiap pertimbangan dan penelitan teoritis. Hal tersebut merupakan konsekwensi dari kenaikan dalam anggaran militer. Sementara sebelum tahun 1914 total anggaran militer negara sebesar 5 persen, 6 persen, 4 persen, 7 persen dari pendapatan nasional, anggaran negara kapitalis hari ini mewakili 15 persen, 20 persen, 25 persen atau bahkan dalam beberapa kasus 30 persen dari pendapatan nasional.

Jika untuk sementara kita tidak menganggap semua pertimbangan intervensionisme, fakta peningkatan dalam pengeluaran belanja alat perang permanen menunjukan bahwa negara telah mengkontrol bagian penting dari pendapatan nasional.

Saya telah menyatakan bahwa perang dingin ini akan tetap permanen dalam periode panjang. Itu adalah pendirian pribadi saya. Perang dingin adalah permanen karena kontradiksi klas antara kedua kamp yang saling berhadapan dalam skala dunia adalah permanen. Karena tidak ada alasan logis untuk mengasumsikan, dalam jangka panjang ataupun pendek, bahwa borjuasi internasional akan secara suka rela melucuti senjata dihadapan musuh global atau dihadapan Uni Soviet dan Amerika Serikat akan mencapai perjanjian yang akan memungkinkan pengurangan cepat dalam pengeluaran belanja alat perang sebesar setengah atau dua pertiga atau tiga perempatnya.

Kita oleh karena itu mulai dari titik bahwa pengeluaran belanja militer permanen cenderung meningkat dalam jumlah dan pentingnya berkaitan dengan pendapatan nasional, atau menjadi distabilkan, yaitu, peningkatan pada tingkatan bahwa pendapatan nasional akan meningkat selama tahap ini. Dan adalah fakta dari ekspansi dalam pengeluaran militer menciptakan peran penting yang dimainkan oleh pemerintah dalam kehidupan ekonomi.

Anda mungkin mengetahui artikel ditulis oleh Pierre Naville yang diterbitkan dalam Nouvelle Revue Marxiste beberapa tahun yang lalu. Dalam artikel tersebut dia menulis ulang serangkaian jumlah yang diberikan oleh direktur anggara (Perancis) pada tahun 1956, menunjukan hal penting praktis dari pengeluaran militer untuk serangkaian cabang-cabang industri. Terdapat banyak cabang-cabang industri, yang menempati ranking sangat tinggi dalam hal pentingnya dan termasuk diantara pemimpin dalam perkembangan teknologi, yang bekerja terutama atas kontrak dengan negara dan yang akan ditakdirkan mengalami kebangkrutan awal jika kontrak-kontrak negara tersebut hilang: aeronotika, elektronik, konstruksi kapal, telekomunikasi dan bahkan pekerjaan teknik mesin dan tentu saja, industri nuklir.

Di Amerika Serikat situasinya serupa, tetapi pada tingkatan bahwa cabang-cabang industri yang memimpin tersebut jauh lebih berkembang dan bahwa ekonomi Amerika dalam skala yang lebih besar, cabang-cabang tersebut menyusun poros ekonomi untuk seluruh daerah geografik. Dapat dikatakan bahwa California, negara bagian yang menjalani ekspansi terbesar, sebagian besar hidup dari anggaran militer Amerika. Jika negara bagian California harus melucuti senjata dan tetap kapitalis, hal tersebut akan menjadi bencana baginya, dimana industri peluru kendali, industri penerbangan militer dan industri elektronik semua terkonsentrasi disitu. Adalah tidak perlu untuk memberi bayangan untuk mengilustrasikan efek politik dari situasi khusus tersebut pada sikap politisi borjuis California: kau akan sangat sulit menemukan mereka di garis depan perjuangan untuk pelucutan senjata!

Fenomena kedua dari tahapan meluas tersebut yang pada awalnya muncul untuk berkontradiksi dengan yang pertama adalah peningkatan dalam apa yang dapat disebut dengan pengeluaran belanja sosial, itu adalah, semua yang berkaitan sedikit banyak dekat dengan jaminan sosial. Pengeluaran tersebut terus menerus meningkat dalam anggaran pemerintah secara umum, dan menyusun bagian penting dari pendapatan nasional selama 25-30 tahun terakhir. — Bersambung ke Bagian 20

One thought on “Pengenalan Kepada Teori Ekonomi Marxis – Bagian 19

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *