Westpapuanews.Org

Berita tangan pertama dari Tanah Papua

BeritaPerang Gerilya TPNPBProteksi Tanah Papua

Tolak segala bentuk pembangunan, TPNPB-OPM Kodap XIII Kegepa Nipo bakar kantor distrik Paniai Utara

Kantor distrik Paniai Utara di Kebo, Kabupaten Paniai, Papua, hangus dibakar oleh pasukan TPNPB Kodap XIII Kegepa Nipo Paniai.@WPNewsOrg

ENAROTALI, Westpapuanews.Org — Kantor distrik Paniai Utara di Kebo, Kabupaten Paniai, Papua, dibakar hangus oleh pasukan TPNPB-OPM Kodap XIII Kegepa Nipo Paniai pada Jumat (30/09/2022).

Aksi pembakaran ini merupakan penolakan TPNPB-OPM terhadap segala bentuk pembangunan yang dijalankan pemerintah kolonial Indonesia di tanah Papua, secara khusus di wilayah adat Meepago.

“Pasukan TPNPB Kodap XIII Kegepa Nipo Paniai telah membakar kantor distrik Paniai Utara di Kebo, Kabupaten Paniai. Dan hal ini telah dilaporkan langsung oleh Pangkodap XIII Kegepa Nipo Paniai Brigjen Mathius Gobay via telepon selulernya,” kata Juru bicara militer TPNPB Sebby Sambom kepada Westpapuanews.org.

Mengutip Brigjen Gobay, Sebby menambahkan bahwa kantor distrik itu dibakar bukan untuk minta uang atau barang, tetapi TPNPB Kodap XIII Kegepa Nipo Paniai minta merdeka penuh.

Dalam rilis video yang diterima Westpapuanews.Org, Brigjen Gobay mengatakan, aksi pembakaran ini merupakan peringatan pertama kepada pemerintah kabupaten Paniai.

“Kami akan melakukan (lagi) kalau masih terjadi pembangunan dan lain sebagainya,” kata Brigjen Gobay dalam rilis video.

Simak pernyataan Brigjen Gobay di video berikut :

TPNPB-OPM sebagai satu-satunya faksi militer yang aktif baku tembak dengan TNI-Polri dan aktif melawan berbagai elemen kolonialisme Indonesia di Papua terus melancarkan aksi nyata di 6 wilayah adat di Papua yakni Lapago, Meepago, Tabi, Saireri, Domberai dan Bomberai.

Sebelum aksi pembakaran kantor distrik Paniai Utara oleh TPNPB Kodap XIII Kegepa Nipo, pada Kamis (29/09/2022) kemarin TPNPB Kodap IV Sorong Raya menembak mati 4 intelijen Indonesia yang menyamar sebagai pekerja jalan trans Papua Barat. (Baca disini).■

3 komentar pada “Tolak segala bentuk pembangunan, TPNPB-OPM Kodap XIII Kegepa Nipo bakar kantor distrik Paniai Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *